Mengenal Susan Soewono, Perempuan Tangguh di Balik Suksesnya Istana Boneka

Ayu Puji Lestari08 Jul 2020, 15:56 WIB
Istana Boneka

Fimela.com, Jakarta Banyak yang tidak mengetahui siapa sosok di balik suksesnya Istana Boneka. Bisnis boneka yang berpusat di Kota Malang ini pun sudah diakui oleh mancanegara. Istana Boneka adalah produsen boneka lokal yang sukses mengantongi lisensi khusus dari Disney.Dia adalah Susan Soewono, perempuan yang membangun bisnis Istana Boneka sejak tahun 2000.

Susan Soewono memilih boneka sebagai bisnis bukan tanpa sebab. Ia berpendapat, boneka adalah sesuatu yang unik, bisa dikoleksi dan dapat menghilangkan stres.

"Mengapa memilih bisnis boneka? Karena boneka itu bisa menghilangkan stres," jelasnya, saat dihubungi Fimela (8/7).

Dalam perjalanan bisnisnya yang sudah 20 tahun, banyak momen yang sudah dilalui Susan Soewono. Namun momen yang paling berkesan saat menjalankan bisnis ini adalah saat Istana Boneka dipercaya untuk memproduksi merchandise Asian Games 2018 lalu.

"Asian Games sangat menantang karena kita harus memproduksi boneka dalam jumlah banyak dengan waktu singkat dan dengan jumlah yang banyak. Waktu itu tidak menyangka jika merchandise boneka akan diserbu dan banyak dibeli," kenangnya.

Selain itu momen membuat lisensi untuk Disney juga sangat penting. Momen ini menjadi perjalanan penting karirnya saat membangun Istana Boneka.

Menyeimbangkan Karir dan Keluarga

Susan Soewono
Sosok perempuan hebat di balik suksesnya Istana Boneka, Susan Soewono/copyright pribadi

Kesibukan Susan Soewono bukan halangan untuk menikmati quality time bersama keluarga. Baginya, sesibuk apapun ia selalu menyempatkan waktu untuk keluarga. Meskipun sulit ia selalu menyempatkan waktu untuk berkumpul bermsa keluaga.

Setiap akhir pekan ia gunakan untuk quality time bersama keluarga. Suasana ini pun dibangun seefektif mungkin, sehingga dapat memaksimalkan waktu yang ada. Bagi Susan Soewono setiap orang pastinya berjuang untuk keluarganya.

"Bagi saya keluarga adalah semua laskar Istana Boneka yang hingga hari ini membuat Istana Boneka tetap eksis dan tangguh. Mereka adalah semua yang ikut andil di dalam istana Boneka," tutupnya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓