5 Tren Hobi dan Kebiasaan Baru Masyarakat Indonesia di Era New Normal

Anisha Saktian Putri08 Jul 2020, 17:30 WIB
Berkebun/unsplash neonbrand

Fimela.com, Jakarta New normal di tengah pandemi virus corona menuntut untuk hidup mengikuti protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah, hingga jaga jarak dengan orang lain. Tak hanya itu, situasi saat ini membuat masyarakat memiliki hobi dan kebiasaan baru.

Berdasarkan tren pembelian konsumen di Lazada selama masa ‘self-quarantine’, Lazada merangkum 5 hobi atau aktivitas yang banyak dilakukan di rumah dan akan menjadi tren di era new normal.

1. Berkebun

Di awal masa PSBB, salah satu yang menjadi kendala adalah akses bahan makanan segar. Jadi banyak yang mulai menyiasati dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah dan akhirnya menjadi salah satu hobi yang paling diminati oleh masyarakat.

Tanaman bumbu, sayur mayur dan buah merupakan sebagian tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus menghias rumah. Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden dan menanam dalam pot memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas berkebun di lahan apapun, seperti pekarangan rumah, pagar, dinding rumah, bahkan dalam ruang rumah sekalipun. Walaupun ada himbauan untuk tetap di rumah, sahabat Fimela tetap bisa menikmati keindahan alam dengan berkebun.

2. Mendekorasi rumah

Mempercantik rumah dengan mendekorasi ulang atau menata ulang furnitur atau bahkan mengecat ulang dinding dengan warna-warna baru merupakan kebiasaan baru bagi banyak konsumen Indonesia saat new normal.

Dalam masa new normal ini, walaupun mobilitas banyak orang sudah mulai leluasa, tapi akan banyak juga yang memilih untuk tetap berada di rumah, sehingga banyak konsumen yang mengambil kesempatan untuk menghadirkan suasana baru di rumah dengan berbagai aksesoris dan perabotan rumah agar membuat rumah lebih nyaman, baik untuk belajar, bekerja maupun untuk bercengkrama bersama keluarga.

3. Memasak

Memasak
Ilustrasi memasak/copyright shutterstock

Salah satu perubahan perilaku yang terjadi adalah bagaimana masyarakat mulai kembali ke masakan rumah. Dan tentunya banyak dari mereka yang mengandalkan kecanggihan perangkat elektronik mereka untuk mendapatkan berbagai tips, trik dan juga resep masakan yang mereka sukai.

4. Olahraga di Rumah

Tinggal di rumah selama PSBB bukan berarti melupakan kebugaran tubuh. Menjaga kesehatan badan merupakan salah satu prioritas tertinggi selama masa pandemi. Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap dapat berolahraga dengan maksimal. Peralatan olahraga seperti barbel, resistance bands, yoga mat adalah beberapa peralatan populer dan banyak dicari .

5. Gaming

Absennya kegiatan nge-mall dan hangout di coffee shop membuat banyak konsumen beralih ke gaming sebagai entertainment utama dalam menghalau kebosanan. Hal ini didukung oleh WHO dengan kampanye Play Apart Together yang baru-baru ini diluncurkan, dimana bermain game bersama teman secara online sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi mental dan mengusir kebosanan selama masa karantina di rumah.

Selain 5 hobi ini, adanya New Normal hadirkan juga kebiasaan baru dalam banyak aktivitas utama konsumen seperti belanja, bekerja, mencari hiburan bahkan belajar, sehingga perangkat elektronik yang memadai juga menjadi sebuah kebutuhan yang penting dalam hal penunjang aktivitas.

Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, mengatakan memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen, Lazada mengadakan kampanye Lazada Mid Year Super Sale dengan tema #PilihCeritamu digelar sejak tanggal 7-9 Juli 2020.

"Melalui Lazada Mid Year Super Sale konsumen dapat mendapatkan berbagai produk berkualitas dengan harga ‘banting’, tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, tapi juga untuk penunjang kebiasaan baru tersebut," ujar Monika dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

 

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓