Tips Mudah Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

Kezia Prasetya Christvidya09 Jul 2020, 10:15 WIB
work-kezo

Fimela.com, Jakarta Sering sekali saat bekerja, banyak gangguan dari diri sendiri dan lingkungan, yang membuat fokus menjadi hilang. Fokus kerja bisa hilang karena sering melamun, pikiran melayang atau memikirkan sesuatu yang lain, kurang tidur dan juga kurang asupan gizi.

Untuk fokus dan konsentrasi saat bekerja, harus membutuhkan latihan yang tepat, dan juga kesabaran yang ekstra. Berikut tips mudah, agar fokus dan konsentrasi saat bekerja, dirangkum dari berbagai sumber:

Membuat List Pekerjaan

Tips mudah fokus dan konestrasi saat bekerja yang pertama, buat daftar kerja harian, agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Buatlah rencana awal tentang tujuan yang ingin dicapai, lalu tulislah langkah-langkah yang akan di lakukan, agar pikiran fokus dan konsentrasi saat bekerja.

Buatlah jadwal harian, yang disusun pada malam hari atau pagi hari, lalu tempelkan jadwal di ponsel atau meja kerja.

Tidur yang Cukup

ilustrasi tips mudah fokus dan konsentrasi saat bekerja/pixabay
ilustrasi tips mudah fokus dan konsentrasi saat bekerja/pixabay

Fokus dan konsentrasi saat bekerja, bisa hilang atau terganggu, karena kurangnya kualitas tidur. Jika kurang tidur atau terlalu sering begadang, biasanya mata dan otak kan cepat lelah, dan mengganggu fokus serta konsentrasi seseorang.

Untuk itu tidurlah kurang lebih 8 jam, mulai dari jam 9 malam atau 10 malam, agar keesokan harinya lebih berenergi saat bekerja. Usahakan jangan terlalu sering mengulur waktu untuk bekerja, karena jika pekerjaan tidak cepat selesai, seseorang akan begadang untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Makan yang Bergizi

ilustrasi tips mudah fokus dan konsentrasi saat bekerja/pixabay
ilustrasi tips mudah fokus dan konsentrasi saat bekerja/pixabay

Tips mudah fokus dan konsentrasi saat bekerja yang selanjutnya, yaitu mengonsumsi makanan yang bergizi, untuk membantu menjaga kesehatan otak. Kurangnya mengonsumsi makanan yang bergizi, bisa membuat fokus dan konsentrasi hilang, karena tubuh kurang berenergi.

Untuk mengerjakan suatu pekerja, tubuh dan otak harus diberi asupan gizi yang cukup, seperti makan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, konsumsilah serat dan karbohidrat, untuk membantu menambah energi harian dan bisa membantu mencerdaskan otak.

Minum Air Putih

ilustrasi tips mudah fokus dan bekerja/pixabay
ilustrasi tips mudah fokus dan bekerja/pixabay

Untuk menjaga fokus dan konsentrasi agar tidak mudah hilang, Sahabat Fimela harus rajin mengonsumsi air putih, untuk menghidrasi tubuh. Tubuh yang dehidrasi cenderung lebih mudah lelah, termasuk membuat kinerja otak berkurang, sehingga menyebabkan fokus dan konsentrasi hilang.

Minumlah air putih secara rutin, kurang lebih 8 gelas setiap hari, atau sesuai dengan kebutuhan cairan harianmu. Kurangilah mengonsumsi minuman manis, dan mengurangi minuman berkafein, karena bisa membuat fokus dan konsentrasi saat bekerja mudah hilang.

Meditasi

Tips mudah fokus dan konsentrasi saat bekerja yang terakhir, kamu bisa melakukan meditasi atau yoga, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan belajar fokus. Olahraga yoga atau meditasi, harus dilakukan setiap hari, pada saat akan berangkat kerja atau saat mau tidur.

Selain membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, rajin melakukan yoga atau meditasi, bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Jadi, mulai sekarang tidak ada alasan untuk tidak fokus dalam bekerja kan? Semoga tips ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓