Mengenal Butterfly Hug, Metode Kontrol Emosi Seo Ye Ji di It's Okay to Not Be Okay

Vinsensia Dianawanti09 Jul 2020, 11:00 WIB
Mengenal Butterfly Hug, Metode Kontrol Emosi yang Digunakan Seo Ye Ji di It's Okay to Not Be Okay

Fimela.com, Jakarta Ketika seseorang sedang merasa emosi, biasanya pikirannya menjadi kalut dan mendorong ia bertindak yang tidak sesuai. Serupa dengan yang dirasakan oleh Seo Ye Ji ketika berperan sebagai Moon Young di drama It's Okay to Not Be Okay yang mengalami kondisi emosional yang tidak stabil.

Untuk meredakan emosi, Kang Tae yang diperankan oleh Kim Soo Hyun meminta Moon Young agar melakukan Butterfly Hug. Lantas apa sebenarnya Butterfly Hug? Seberapa efektifkah ia dalam membantu seseorang mengontrol emosi.

Dihubungi melalui pesan singkat, psikolog Intan Erlita menyebut bahwa Butterfly Hug merupakan sebuah metode untuk membantu seseorang meredakan emosi yang sedang memuncak.

"Ini bukan terapi. Tapi bagaimana mengontrol emosi ketika emosi sedang memuncak. Ada orang mau marah, tapi menahan amarahnya dengan menyilangkan di depan dada dan tangan kanan dan kiri menepuk nepuk dada. Jadi kayak kepakan sayap kupu kupu," jelas Intan Erlita.

Mengenal butterfly hug

Tiru Gaya Makeup ala Seo Ye Ji dalam Drama It’s Okay To Not Be Okay, Tampilkan Sisi Misterius yang Menggoda
(c) Facebook/tvNDrama

Tepukan yang berirama antara kedua tangan mirip dengan konsep orangtua yang menenangkan bayinya yang menangis. Namun konsep ini diterapkan pada diri sendiri. Tujuannya memberikan ketenangan agar kita tidak emosi dan melepaskan rasa marah.

Butterfly Hug dilakukan sebagai pertolongan pertama ketika seseorang benar-benar merasa emosi. Sehingga emosinya tidak meledak-ledak dan tetap membutuhkan konsultasi sebagai penanganan psikis.

Menilik efektivitas Butterfly Hug dalam meredakan emosi, Intan Erlita menjelaskan bahwa cara ini sebenarnya hanya sebagai pengalihan semata. Di mana ketika orang merasa emosi dan marah, fokusnya akan teralihkan ke irama tepukan tangan ke dada.

Berhasil untuk meredakan emosi

Tiru Gaya Makeup ala Seo Ye Ji dalam Drama It’s Okay To Not Be Okay, Tampilkan Sisi Misterius yang Menggoda
(c) Facebook/tvNDrama

Pada beberapa orang, cara ini cukup berhasil meski tidak menunjukkan hasil secara langsung. Butuh percobaan beberapa kali hingga seseorang merasa cara ini cukup membantu meredakan emosinya.

Untuk membuat cara Butterfly Hug ini berhasil, Intan menyarankan agar seseorang melakukannya di tempat yang tenang, seperti kamar atau lorong sepi. Namun jika tidak menemukan tempat seperti itu, lebih baik seseorang menjauh dari hal yang membuatnya emosi.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓