5 Tips Ampuh Menahan Rasa Lapar saat Diet yang Bisa Dicoba

Imelda Rahma09 Jul 2020, 12:15 WIB
Lapar

Fimela.com, Jakarta Rasa lapar yang tidak bisa dikontrol kerap kali menjadi masalah serius bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Bisa jadi kamu sudah berniat untuk diet dan menahan diri dari rasa lapar namun hal tersebut sangatlah sulit. Alhasil kamu pun gagal dan akhirnya menuruti rasa lapar tersebut untuk makan.

Rasa lapar yang tidak bisa dikontrol sangat potensial membuat diri kita terjerat bahaya obesitas. Obesitas pastinya akan membuat para perempuan semakin tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya dan juga hal tersebut tidak sehat karena dapat memancing beragam penyakit muncul.

Sebenarnya rasa lapar itu bisa saja kamu kontrol asal tahu caranya. Dengan mengontrol rasa lapar, kita tidak perlu lagi takut gagal diet, apalagi terkena obesitas. Ada beragam cara untuk menahan rasa lapar, mulai dari sugesti sampai mengalihkan rasa laparmu pada makanan yang sehat dan bergizi. Ingat, menjaga berat badan itu penting untuk kesehatan tubuh. Jangan berkompromi dengan rasa lapar jika tidak mau terkena obesitas.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 tips ampuh menahan rasa lapar saat diet yang bisa dicoba. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah Permen Karet
Ilustrasi Mengunyah Permen Karet Credit: pexels.com/pixabay

Tips ampuh menahan rasa lapar yang pertama ialah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet ternyata ampuh untuk menjinakkan rasa lapar. Hal ini bisa terjadi karena pada saat mengunyah permen, mulutmu sedang sibuk bekerja seperti sedang melahap camilan. Secara otomatis, rasa laparmu untuk memakan sesuatu yang berat bisa ditunda karena sugesti mengunyah permen karet yang sama dengan mengunyah makanan.

Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu memilih permen karet yang bebas gula agar aktivitas diet tetap terjaga. Satu lagi, tetap berhati-hati saat mengunyah permen karet. Jangan sampai karena terlalu terbawa suasana saat mengunyah akhirnya kamu malah menelannya, tentu hal tersebut akan berbahaya.

Mengonsumsi Banyak Air Putih

Mengonsumsi Banyak Air Putih
Ilustrasi Meminum Air Putih Credit: pexels.com/Daria

Tips ampuh menahan rasa lapar yang kedua ialah dengan banyak mengonsumsi air putih, dianjurkan lagi jika air putih hangat. Meminum air putih dapat membuat rasa laparmu hilang karena bisa jadi saat kamu merasa lapar, sebenarnya kamu merasa haus. Ada proses metabolisme tubuh yang terkadang membuat perut tidak bisa mendeteksi yang dibutuhkan, haus atau benar-benar lapar.

Supaya kamu tidak keliru, saat perutmu mulai keroncongan, sebaiknya kamu langsung meminum banyak air putih. Lihat dulu reaksinya, apakah perutmu masih merasa lapar atau justru rasa lapar itu langsung hilang. Jika langsung hilang artinya kamu hanya haus namun, jika tetap lapar, artinya kamu memang perlu mengisinya dengan makanan.

Mengunyah Es Batu

Mengunyah Es Batu
Ilustrasi Es Batu Credit: pexels.com/pixabay

Tips ampuh menahan rasa lapar yang ketiga ialah dengan mengunyah es batu. Mungkin ini terdengar aneh, namun kamu harus mencoba tips yang satu ini. Cara kerjanya sama dengan tips mengunyah permen karet. Saat mengunyah es batu, mulutmu akan dibuat sibuk bekerja sehingga membuatmu merasa sudah makan sesuatu yang ternyata itu adalah es batu.

Supaya lebih praktis, kamu bisa menyetok persediaan es batu di kulkas dengan cetakan es batu yang kecil-kecil sehingga akan memudahkanmu juga dalam mengunyahnya. Namun perlu diingat, sebaiknya kamu mengunyah es batu secara hati-hati karena berpotensi dapat merusak gigi apalagi jika gigimu sensitif, pasti akan langsung terasa ngilu.

Mengonsumsi Oatmeal

Mengonsumsi Oatmeal
Ilustrasi Oatmeal Credit: pexels.com/Jeshoots

Tips ampuh menahan rasa lapar yang keempat ialah dengan mulai belajar mengonsumsi oatmeal. Jika kamu sudah membiasakan diri untuk mengonsumsi oatmeal sebagai sajian sarapanmu maka rasa lapar bukan lagi masalah buatmu. Hal ini karena kandungan yang ada pada oatmeal yang membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Kandungan serat dan vitamin yang terproses lama dalam metabolisme tubuh membuatmu tidak mudah merasa lapar. Selain itu, oatmeal juga mengandung banyak manfaat lain yang bisa memperlancar siste pencernaan dalam tubuh.

Mengonsumsi Salad atau Makanan Kukus

Mengonsumsi Salad atau Makanan Kukus
Ilustrasi Makanan Kukus Credit: pexels.com/pixabay

Tips ampuh menahan rasa lapar yang terakhir diperuntukkan bagi kamu yang sekiranya sulit menahan rasa lapar atau memiliki penyakit riwayat maag. Pastinya menahan lapar bukanlah suatu tindakan yang bijaksana jika kondisi tubuhmu saja tidak menghendaki hal tersebut.

Namun tenang saja, kamu tetap bisa diet dan terhindar dari obesitas asal makanan yang kamu makan adalah makanan sehat yang rendah lemak. Contoh makanan sehat yang rendah lemak itu adalah salad dan juga makanan kukus. Kamu bisa memilih salad sayur maupun salad buah. Untuk makanan kukus, kamu bisa memilih siomay atau dimsum.

Lanjutkan Membaca ↓