3 Tips Sederhana Menjaga Koneksi Pernikahan Antara Ekstrover dengan Introver

Gayuh Tri Pinjungwati09 Jul 2020, 18:15 WIB
Couple

Fimela.com, Jakarta Perbedaan kepribadian dalam pernikahan yaitu ekstrover dengan introver dapat membuat dua orang saling bertentangan. Namun, menjaga koneksi dalam menjadlin hubungan dengan perbedaan kepribadian tentunya perlu untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga koneksi antara pasangan introver dan ekstrover.

Menyingkirkan Stereotip Umum

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyingkirkan stereotip umum tentang introver dan ekstrover. Orang introver biasanya dianggap pendiam dan orang ekstrover cenderung lebih ceria. Namun, pandangan itu tidak selalu benar. Saling memahami bagaimana mengelola kekuatan mental dan emosional dari masing-masing pasangan perlu dilakukan. Introver yang membutuhkan kesendirian sedangkan ekstrover harus berada dalam lingkungan sosial, masing-masing pasangan tentu perlu saling mengerti akan kebutuhan tersebut.

Toleransi

Couple
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ Dragan Grkic

Faktor yang akan membuat hubungan introver dan ekstrover bertahan adalah saling toleransi perbedaan satu sama lain. Alih-alih mencoba mengubah orang lain, terimalah bahwa pasanganmu ini memiliki dunianya sendiri. Misalnya, dirimu mungkin tidak mengerti mengapa pasanganmu perlu waktu untuk sendirian, dirimu merasa mereka anti-sosial. Sederhananya, jika ingin hubunganmu tetap berjalan dengan baik, terimalah apa yang membuat pasanganmu saat ini menjadi dirinya sendiri.

Keseimbangan

Satu hal yang dibutuhkan setiap hubungan untuk bertahan hidup adalah kesimbangan. Dalam hubungan antara seorang introver dan ekstrover, itu adalah hal yang sangat penting. Karena keinginan kedua pasangan perlu dipenuhi, ini berarti bahwa akan ada beberapa kompromi. Agar keseimbangan dapat ditemukan, harus ada diskusi tentang apa yang membuat setia orang nyaman dan apa yang tidak. Lakukan ini dengan jujur satu sama lain.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain adalah dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama pasangan. Hal itu tentunya dilakukan secara bergantian untuk memastikan pasangan sama-sama senang.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓