Meski Sesekali Bertengkar, Ini 5 Tanda Hubunganmu Justru Makin Kuat Seiring Waktu

Endah Wijayanti10 Jul 2020, 13:15 WIB
memilih cinta terbaik

ringkasan

  • Perdebatanmu dengan Pasangan Tidak Diakhiri dengan Dendam
  • Tidak Menghadirkan Pengulangan Pertengkaran untuk Perkara yang Sama
  • Tidak Menyudutkan atau Memandang Rendah Sudut Pandang Masing-Masing
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Rasanya tidak ada hubungan yang tanpa masalah. Setiap hubungan pasti punya masalah dan sesekali bertengkar. Berargumen atau berbeda pendapat pun bisa terjadi dengan pasangan. Meskipun begitu, setiap hubungan punya peluang untuk makin kuat dan harmonis seiring bertambahnya waktu.

Selalu ada ruang untuk tetap optimis. Optimis bahwa hubungan yang dijalani akan langgeng dan makin kuat seiring waktu berjalan. Berikut ini beberapa tanda hubungan bisa makin kuat seiring berjalannya waktu meski sesekali diwarnai perbedaan pendapat.

1. Perdebatanmu dengan Pasangan Tidak Diakhiri dengan Dendam

Mengutip laman lifehack.org, pasangan yang selalu berdebat dan bertengkar untuk hal-hal sepele berisiko putus di tengah jalan. Tapi pasangan yang justru bisa belajar saling memahami dan mendengar saat terjadi perdepatan atau perbedaan pendapat justru bisa semakin kuat. Tidak ada rasa dendam atau kesal berlebihan saat berdebat. Justru makin belajar untuk bisa menyelesaikan setiap permasalahan bersama-sama. Mencari solusi atas suatu perkara tanpa saling menyudutkan atau menghakimi satu sama lain.

2. Tidak Menghadirkan Pengulangan Pertengkaran untuk Perkara yang Sama

Rasanya pasti tidak menyenangkan jika setiap waktu selalu bertengkar untuk hal yang sama. Seakan tak bisa berkembang atau berpindah ke arah yang lebih baik. Pada akhirnya hanya akan menghadirkan perasaan makin tak nyaman. Hubungan pun menjadi semakin sulit untuk dipertahankan.

3. Tidak Saling Mendiamkan saat Ada Masalah

loveless marriage
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixpan_creative

Pria biasanya akan memilih untuk menyendiri atau bersembunyi di dalam "gua" saat pikirannya sedang kalut. Hal ini bisa dimaklumi. Kadang memang perlu berjarak sejenak untuk bisa menjernihkan pikiran dan kembali membahas persoalan yang mengganggu. Namun, jika yang terjadi justru "perang dingin" dan terus menerus mendiamkan masalah, maka lama kelamaan "bom waktu" dalam hubungan bisa meledak dan menghancurkan keharmonisan hubungan.

4. Tidak Menyudutkan atau Memandang Rendah Sudut Pandang Masing-Masing

Respek. Itulah salah satu kunci penting untuk memiliki hubungan yang kuat. Tidak saling menyudutkan atau memandang rendah sudut pandang masing-masing. Tidak menghakimi pendapat satu sama lain. Dengan begini, perbedaan bukan lagi hambatan dalam hubungan.

5. Selalu Bisa Menghadirkan Tawa Baru dalam Hubungan

Hubungan akan terasa makin hangat saat selalu bisa menghadirkan tawa dalam hubungan. Bisa tertawa bersama pasangan akan selalu menciptkan kenyamanan. Hubungan yang dijalani pun akan terasa makin menenangkan hati. Sebab menyadari bahwa selalu ada pelangi setelah badai. Selalu ada hari yang cerah setelah melewati hari-hari mendung.

Semoga setiap masalah yang kamu hadapi dengan pasanganmu bisa selalu diatasi dengan baik, ya. Serta semoga dari setiap permasalahan yang ada, kamu dan pasangan bisa makin dewasa dalam menjalani hubungan.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓