Family Man, 5 Tanda Pria yang Bakal Jadi Sosok Ayah yang Baik

Endah Wijayanti10 Jul 2020, 15:35 WIB
pillow talk

Fimela.com, Jakarta Dalam pertimbangan memutuskan untuk memilih seseorang menjadi pasangan hidup adalah apakah ia juga bakal menjadi sosok yang penyayang dalam keluarga. Apakah pria yang kita pilih nantinya akan menjadi seorang ayah yang baik? Apakah dia bisa menjadi sosok suami yang menyayangi keluarga?

Ada banyak sekali aspek yang bisa dilihat dan diukur untuk mengetahui apakah seorang pria merupakan family man. Ada banyak tolok ukur yang bisa diambil untuk mencari tahu apakah seorang pria dapat menjadi sosok ayah yang baik. Berikut ini sejumlah tanda umum yang bisa dilihat untuk mengetahui potensi seorang pria menjadi ayah yang baik dalam keluarga.

1. Perhatian terhadap Hal-Hal Kecil

Melansir laman elitedaily.com, hal pertama yang menandakan seorang pria bisa menjadi ayah yang baik adalah dia memerhatikan hal-hal kecil. Punya kepekaan terhadap momen-momen kecil. Seperti momen ulang tahun hingga hari-hari penting yang ada. Bahkan tidak selalu menunggu momen spesial untuk menghadirkan kejutan atau memberi lebih banyak perhatian.

2. Punya Sisi Humoris yang Menyenangkan

Tidak selalu serius dalam menghadapi keadaan. Malah bisa diajak bercanda dan dia punya sisi humoris yang menyenangkan. Hal ini bisa menjadi pertanda dia bakal menjadi ayah yang menyenangkan karena bisa diajak bermain bersama. Dia juga tidak mudah merasa stres atau tertekan dalam menjalani keseharian.

3. Bisa Diandalkan saat Dihadapkan pada Masalah Baru

Dalam pernikahan akan ada masalah-masalah baru yang muncul. Setelah memiliki anak ada tanggung jawab yang lebih besar yang dipikul. Hal ini butuh kedewasaan tersendiri. Jika dia punya kualitas bisa menjadi sosok yang diandalkan saat dihadapkan pada masalah baru, ada kemungkinan dia pun akan bisa menjadi ayah yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan buah hati tercinta. 

4. Tidak Segan untuk Turun Tangan Langsung Meringankan Masalah

couple cinta
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/subin pumsom

Dia selalu punya inisiatif untuk turun tangan langsung dalam meringankan masalah yang ada dalam hubungan. Tidak sekadar pasif atau malah membiarkan kita mengatasi segala sesuatunya seorang diri. Saat menjadi seorang ayah, dia pun bisa lebih peka dengan kebutuhan-kebutuhan baru yang harus dipenuhi dalam keluarga. Bisa diajak kompromi dan kerja sama dalam berbagi peran.

5. Bisa Menjaga Hubungan Baik dengan Orang-Orang Terdekatmu

Meski mungkin kepribadiannya tidak selalu cocok dengan karakter anggota keluargamu, tapi dia selalu berusaha untuk  menjaga hubungan baik. Dia menyadari bahwa pernikahan juga menyatukan dua keluarga. Maka dari itu, dia juga berusaha sebaik mungkin untuk bisa diterima dengan baik di tengah orang-orang terdekatmu.

Bagi yang sedang berusaha atau berencana membangun rumah tangga, semoga pria pilihanmu adalah yang tepat untukmu. Meski mungkin dia tidak sempurna tapi dia bisa menjadi pasangan terbaik mengarungi kehidupan rumah tangga yang harmonis.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓