Jangan Abaikan Pernyataan WHO bahwa Virus Corona dapat Menular melalui Udara

Annissa Wulan14 Jul 2020, 09:00 WIB
[Fimela] GOWORK

Fimela.com, Jakarta World Health Organization (WHO) baru saja memperbaharui pedomannya tentang bagaimana virus Corona ditransmisikan. WHO menyatakan bahwa kemungkinan virus Corona dapat menular melalui udara, terutama di ruangan tertutup, seperti restoran dan pusat kebugaran.

Pedoman terbaru dikeluarkan setelah beberapa laporan menyatakan bahwa ada banyak orang yang terinfeksi virus Corona setelah berada di dalam ruangan tertutup yang padat. Dalam kasus ini, disebut sebagai transmisi aerosol jarak pendek, khususnya di dalam ruangan tertentu, seperti ruangan yang padat dan tidak berventilasi.

Berada di dalam jenis ruangan tersebut dalam jangka waktu yang lama dengan orang yang terinfeksi, jelas bukan sesuatu yang bisa dikesampingkan. Walaupun WHO juga mengakui bahwa pedoman baru tentang penularan virus Corona ini sebenarnya juga memerlukan lebih banyak penelitian, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

Virus Corona dikatakan dapat menular melalui udara

Membeli Makanan Favorit
Ilustrasi Makanan Favorit Credit: pexels.com/Adrienn

Kepala ilmuwan WHO dr Soumya Swaminathan menyatakan bahwa ada banyak contoh penyebaran virus Corona di dalam ruangan tertutup agar kasus ini mendapatkan perhatian yang layak dan tindakan pencegahan yang ekstra. Tindakan pencegahan yang wajib dilakukan adalah mengenakan masker dan berusaha menghindari tempat tertutup yang relatif kecil, seperti bar.

Intinya, semakin dekat seseorang berinteraksi dengan orang lain dan semakin lama interaksi tersebut berlangsung, semakin tinggi risiko penyebaran virusnya. Bagaimana menurutmu?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓