Update Virus Corona 10 Juli 2020: Pasien Meninggal Bertambah 52 Orang

Karla Farhana10 Jul 2020, 18:00 WIB
[Fimela] Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Angka pasien meninggal dunia akibat virus Corona atau COVID-19 masih terus bertambah. Hari ini, pada Jumat (10/7/2020), Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan ada 52 orang yang meninggal akibat pandemi ini. Sehingga, total korban meninggal dunia di Indonesia menjadi 3.469 orang. 

Sementara itu, Yuri juga mengatakan ada penambahan kasus Corona sebanyak 1.611 orang. Sehingga totalnya menjadi 72.347 kasus positif di Indonesia. 

Sementara itu, pasien sembuh juga bertambah 878 orang. Sehingga, totalnya menjadi 33.529 orang. Data update pasien virus Corona ini tercatat sejak Kamis, 9 Juli 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

Penularan COVID-19 secara Aerosol

[Fimela] ilustrasi masker
masker untuk menghindari virus corona | pexels.com/@cottonbro

Sementara itu, WHO telah mengakui kalau penyebaran COVID-19 mampu bertahan di udara dan dapat menular kepada orang lain. Hal ini ditunjukkan dalam hasil penelitian 239 ilmuan yang disampaikan kepada WHO. 

Dilansir dari Liputan6, I Gusti Ngurah Kade Mahardika, Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, mengatakan masyarakat tidak perlu panik dalam meny8ikapi informasi ini. Pasalnya, virus pernapasan memiliki peluang penularan secara erosol. 

"Sebetulnya sebagai virus pernapasan, dari dulu kita tidak bisa mengabaikan peluang terjadinya penularan secara aerosol," kata Mahardika kepada Liputan6.com

"Jadi, bukan hal baru sebenarnya dan mestinya tidak membuat kita semakin panik," kata Mahardika.

Namun, untuk menghindari penularan, Sahabat Fimela dapat mencegahnya dengan mandi dan keramas setiap kali pulang usai bepergia, termasuk bekerja di kantor. Selain itu, tetap menjaga jarak dengan orang lain dan juga mengikuti semua protokol kesehatan dan kebersihan. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓