5 Ukuran Kesuksesan yang Banyak Digunakan Anak Muda Masa Kini

Imelda Rahma13 Jul 2020, 08:35 WIB
Sukses

Fimela.com, Jakarta Ukuran kesuksesan setiap orang memang berbeda-beda, namun hal tersebut sangat bisa dipengaruhi oleh lingkungan dan tren. Tidak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan saat ini seperti sudah terstandarisasi oleh garis ideal yang diyakini banyak orang. Hal ini ilah yang akhirnya memengaruhi cara pandang dari sebuah kesuksesan bagi anak muda.

Standarisasi definisi dari sebuah kesuksesan sendiri bisa disikapi dengan dua cara. Cara yang pertama ialah menganggap hal tersebut sebagai motivasi dan tantangan bagi diri sendiri untuk menggapainya sehingga dapat dianggap setara statusnya dengan yang lain. Sementara cara yang kedua menganggap bahwa hal tersebut adalah tekanan dan beban yang memberatkan.

Masing-masing orang boleh bebas beropini terhadap hal ini karena jika dilihat dari realitanya, anak muda seperti terdikte dalam menggapai kesuksesan di hidupnya. Beberapa orang kadang melupakan apa yang membuatnya bahagia hanya karena standar sukses yang ada dilingkungannya. Tidak jarang hal ini membuat banyak anak muda menjadi stres dan depresi.

Apapun itu, tidak ada salahnya untuk kamu tahu informasi yang relevan berikut ini. Fimela.com akan mengulas 5 ukuran kesuksesan yang banyak digunakan anak muda masa kini. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Menjadi Sorotan di Media Sosial

Menjadi Sorotan di Media Sosial
Ilustrasi Penggunaan Media Sosial Credit: pexels.com/pixabay

Ukuran kesuksesan yang banyak digunakan anak muda masa kini ialah mendapat banyak sorotan di media sosial. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa media sosial kini beralih fungsi dari media untuk berbagi informasi menjadi sarana untuk unjuk diri sehingga diakui oleh publik. Indikatornya mudah saja, dilihat dari jumlah follower, jumlah like, hingga bagaimana ia membangun komunikasi dalam media sosialnya.

Semakin banyak follower dan jumlah like artinya eksistensinya diakui dan disukai oleh publik. Tidak heran jika banyak anak muda kini berlomba-lomba dalam membuat konten yang menarik dan kreatif agar kecakapannya dikenal dan dikagumi banyak orang. Inilah yang dijadikan standar kesuksesan sehingga banyak selebgram dan influencer bermunculan.

Memiliki Banyak Aset

Memiliki Banyak Aset
Ilustrasi Aset Credit: pexels.com/pixabay

Kedua, ukuran kesuksesan yang juga digunakan oleh anak muda masa kini ialah ketika berhasil memiliki banyak aset. Aset tersebut bisa berupa rumah, kendaraan, gadget, dan lain-lain. Mempunya banyak aset artinya kehidupannya sudah terjamin, aman, dan nyaman sehingga mereka yang memiliki aset tidak akan terbentur oleh masalah finansial dalam hidupnya.

Standar seperti ini juga seringkali menjadi dilema. Satu sisi, fakta bahwa memiliki aset artinya kehidupan menjadi aman dan terjamin. Sementara sisi yang kedua, kadang kesuksesan bagi seseorang tidak hanya soal benda dan berapa banyak jumlah uang yang kamu miliki. Ada banyak kejadian bahwa seseorang bisa saja tidak bahagia dan tidak merasa tenang walaupun ia memiliki segalanya.

Bekerja di Perusahaan Besar

Bekerja di Perusahaan Besar
Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Credit: pexels.com/pixabay

Berikutnya, ukuran kesuksesan yang ketiga dan juga paling banyak digunakan oleh anak muda masa kini ialah ketika mereka mampu diterima dan bekerja di perusahaan besar. Pasti menjadi kebanggan tersendiri ketika awal karir mereka sudah diterima di perusahaan besar dan terkenal. Rasanya seperti harga yang pantas didapatkan setelah lulus kuliah.

Bagi mereka yang akhirnya bisa menembus perusahaab besar, tentu hal tersebut adalah prestasi yang patut diacungi jempol. Namun, bagi sebagian lainnya yang belum berkesampatan juga seharusnya tidak boleh merasa rendah diri. Ada orang yang bisa melesat dengan cepat dan ada yang harus berjalan merangkak untuk sampai ke tujuan. Semua itu sama, ada konsekuensi dan keuntungan masing-masing.

Menjadi Pebisnis dan Entrepreneur

Menjadi Pebisnis dan Entrepreneur
Ilustrasi Menjadi Seorang Entrepreneur Credit: pexels.com/pixabay

Selanjutnya, bagi anak muda yang memiliki jiwa pebisnis, pastinya bekerja di sebuah perusahaan bukan menjadi standar kesuksesan baginya. Memulai usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan adalah sukses bagi seorang pebisnis dan entrepreneur. Biasanya ini ada pada anak muda yang memiliki jiwa kepemimpinan dan wirausaha serta senang berpikir kreatif inovatif.

Sukses dimata seorang entrepreneur ialah menciptakan perubahan yang akan bermanfaat bagi banyak orang. Tentu untuk menjadi pebisnis dan entrepreneur yang sukses dibutuhkan banyak usaha dan pengorbanan. Tidak ada yang instan, karena segala sesuatu yang instan akan mudah turun juga tanpa adanya pembaharuan dan konsistensi.

Bisa Melanjutkan Studi ke Luar Negeri

Bisa Melanjutkan Studi ke Luar Negeri
Ilustrasi Kuliah di Luar Negeri Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, standar kesuksesan yang juga paling banyak digunakan oleh anak muda masa kini ialah berkesempatan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri. Kinit ren sudah berubah, sekalipun ada universitas terbaik didalam negeri, berkuliah di negara orang sepertinya terlihat lebih keren dan membanggakan.

Berusaha untuk mendapatkan beasiswa sehingga bisa melanjutkan pendidikan di negara orang merupakan hal yang sangat terpuji bahkan harus dilakukan. Namun semua orang punay pertimbangan masing-masing dan tidak semua orang beruntung mendapatkan kesempatan tersebut.

Oleh karena itu, bercita-cita boleh saja asal kamu berusaha dengan giat dan ketika kamu belum berhasil, jangan pernah putus asa karena masih banyak kampus terbaik didalam negeri untuk kamu menimba ilmu.

Lanjutkan Membaca ↓