4 Cara Memberi Saran yang Baik Agar Tidak Menyinggung Perasaan Orang Cara

Imelda Rahma13 Jul 2020, 07:45 WIB
Saran

Fimela.com, Jakarta Setiap orang sebenarnya membutuhkan saran yang membangun namun tidak semua orang tahu bagaimana cara memberi saran yang baik agar mudah diterima oleh orang lain. Seringkali memberi saran disalah-artikan sebagai kritik yang menjatuhkan, padahal tidak semua hal itu sepenuhnya benar. Maka dari itu, kuncinya adalah cara penyampaiannya agar apa yang kamu maksud dapat dicerna dengan baik oleh orang lain.

Walaupun niatnya baik untuk memberi saran dan mengingatkan, namun hal tersebut bisa menjadi buruk jika kamu tidak memertimbangkan hal-hal tertentu saat menyampaikannya. Sensitivitas orang juga beragam, hal inilah yang menyebabkan saran-saran baik tidak mudah dipahami dan diterima begitu saja.

Kamu pasti memiliki pengalam dimana temanmu melakukan atau membuat sesuatu dan kamu tahu ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Nah, kamu harus menyampaikan saran-saran tersebut demi kebaikan temanmu. Akan tetapi, melalui cara yang sopan dan benar sehingga ia tidak tersinggung dan salah paham.

Buat kamu yang sering kesulitan dalam menyampaikan saran perlu melihat ulasan berikut ini. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 4 cara memberi saran yang baik agar tidak menyinggung perasaan orang. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Sampaikan Saran Secara Tertutup

Sampaikan Saran Secara Tertutup
Ilustrasi Memberi Saran Secara Tertutup Credit: pexels.com/pixabay

Pertama, cara memberi saran yang baik agar tidak menyinggung perasaan orang ialah dengan menyampaikannya secara tertutup. Sebenarnya ini adalah opsi jika temanmu atau orang tersebut mempunyai karakter yang mudah tersulut amarahnya. Tentunya jika begitu sangat tidak bijak kamu menyampaikan saran tersebut dihadapannya dan juga banyak orang, bisa jadi dia akan merasa malu dan tidak nyaman.

Oleh karena itu, lebih baik kamu menyampaikannya secara tertutup ketika kalian bisa mengobrol santai berdua. Itu akan jauh lebih aman dan mudah diterima karena dia tidak merasa dipermalukan didepan umum ketika kamu sedang memberi saran. Dengan bagitu, kamu tidak hanya memberi saran tetapi juga menjaga harga dirinya didepan banyak orang.

Puji Dulu Sebelum Memberi Saran

Puji Dulu Sebelum Memberi Saran
Ilustrasi Memberi Saran Credit: pexels.com/pixabay

Berikutnya, cara memberi saran yang baik agar tidak membuat orang lain tersinggung ialah menggunakan trik komunikasi yang diplomatis. Sebelum kamu memberi saran, pujilah dulu hal baik apa yang dia telah lakukan. Dengan begitu, saat kamu memberi saran, dia tidak akan salah paham dan lebih mudah menerimanya.

Trik komunikasi secara diplomatis ini sering digunakan untuk menyampaikan pendapat sehingga pesan yang ingin tersampaikan dapat ditangkap dengan lebih baik serta menghindari adanya salah paham. Kamu juga ajan terlihat lebih santun dengan trik ini sehingga temanmu atau orang tersebut tidak merasa bahwa kamu sedang menjatuhkannya.

Jangan Lupakan Kata Maaf

Jangan Lupakan Kata Maaf
Ilustrasi Memberi Saran Credit: pexels.com/pixabay

Ketiga, cara memberi saran yang baik selanjutnya ialah dengan tidak melupakan kata maaf diawal pembuka saat kamu memberi saran dan juga saat menutup percakapan. Kata maaf ini penting sebagai tanda bahwa kamu memang sedari awal tidak ada maksud untuk menyinggung apalagi menjatuhkannya.

Kata maaf juga merupakan bentuk budaya kesopanan dalam berkomunikasi. Tentunya kamu akan terdengar lebih santun ketika mengucapkan kata maaf. Walaupun terkesan seperti basa-basi, ucapan maaf diawal justru bisa meleburkan suasana sehingga saat kamu mengutarakan saran, suasana tidak menjadi tegang dan canggung.

Berikan Opsi atau Rincian Solusi

Berikan Opsi atau Rincian Solusi
Ilustrasi Memberi Saran Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, cara memberi saran yang baik agar tidak menyinggung perasaan orang ialah dengan memberikan opsi atau pilihan dan menjelaskan rincian solusi yang kamu tawarkan. Memberi saran dan kritik memang boleh saja, namun akan lebih baik lagi jika kamu juga memberikan solusi atau pilihan lain yang lebih baik untuknya.

Dengan begini, kamu juga tidak hanya pandai mengomentari orang lain tetapi juga mampu menawarkan solusi yang lebih baik. Orang yang kamu berikan saran juga akan menaruh hormat dan kepercayaan padamu karena kamu tidak menjatuhkannya melainkan benar-benar berusaha untuk memberikan saran dan solusi yang membangun.

Lanjutkan Membaca ↓