Mengenal Pengisi Suara Doraemon Nurhasanah, Eksis Lewat Suara Baling-Baling Bambu

Vinsensia Dianawanti13 Jul 2020, 11:00 WIB
Ilustrasi Doraemon

Fimela.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia pengisi suara atau dubber Indonesia. Ingatkah kamu dengan suara "Baling-baling Bambu"? Ya! Dialah Nurhasanah yang merupakan pengisi suara karakter kartun Doraemon dikabarkan tutup usia pada Minggu (12/7/2020).

Kabar ini disampaikan langsung oleh sang putra yang kini menjadi pengisi suara terbaru Doraemon, Dana Robbyansyah. Kepergian sang pengisi suara Doraemon yang legendaris tentu mengejutkan banyak pihak.

Dilansir dari berbagai sumber, Nurhasanah meninggal akibat mengidap stroke. Diketahui memang Nurshanah Iskandari sudah mengidap ini cukup lama. Selama dua tahun belakangan Nurhasanah menggunakan kursi roda untuk mendukungnya beraktivitas.

 

Menjadi pengisi suara Doraemon sejak 1993

Suara khas Nurhasanah dikenal dengan menjadi pengisi suara karakter Doraemon sejak kartun tersebut hadir di Indonesia pada 1993 hingga 2018. Sudah lebih dari 20 tahun Nurhasanah mengisi suara karakter robot kucing itu.

Meski sempat vakum pada 2006, animo masyarakat akan suara Nurhasanah membuatnya kembali menjadi pengisi suara Doraemon.

Sebelum dikenal sebagai pengisi suara Doraemon, Nurhasanah memang pernah bekerja di Radio Republik Indonesia (RRI) sejak 1982. Di RRI pun, ia mulai meniti karier di bidang sandiwara radio. Tak berhenti di sandiwara radio, ia pun kerap mengisi suara telenovela yang sempat hits di Indonesia maupun film India.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓