Kelly Preston Meninggal Akibat Kanker Payudara, Faktor Usia Meningkatkan Risikonya

Vinsensia Dianawanti13 Jul 2020, 18:30 WIB
Kelly Preston Meninggal Akibat Kanker Payudara, Faktor Usia Meningkatkan Risikonya

Fimela.com, Jakarta Istri aktor John Travolta, Kelly Preston dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (12/7/2020) pagi. Kelly Preston meninggal dunia di usia 57 tahun setelah berjuang melawan kanker payudara selama kurang lebih dua tahun.

Kepergian Kelly Preston menambah daftar panjang perempuan yang meninggal akibat kanker payudara. Menurut studi yang dimuat dalam laman Centers for Disease Control dan Prevention, risiko terhadap kanker payudara melibatkan kombinasi faktor.

Faktor utama yang meningkatkan risiko kanker payudara adalah menjadi perempuan dan menjadi lebih tua. Kebanyakan kanker payudara ditemukan pada perempuan yang sudah menginjak usia 50 tahun bahkan lebih. Beberapa perempuan bisa mengidap kanker payudara meski tanpa ada faktor lainnya, selain usia.

Memiliki faktor risiko bukan berarti setiap perempuan akan terkena kanker payudara dan tidak semua faktor risiko memiliki efek yang sama. Banyak perempuan yang memiliki faktor risiko namun tidak terkena kanker payudara.

 

Faktor yang memengaruhi risiko kanker payudara

Kelly Preston Meninggal Akibat Kanker Payudara, Faktor Usia Meningkatkan Risikonya
Setiap perempuan berisiko terhadap kanker payudara. Semakin bertambahnya usia, perempuan semakin berisiko (Foto: instagram/therealkellypreston)

Hanya saja, bagi kamu yang memiliki faktor risiko harus berkonsultasi dengan dokter untuk memperkecil kemungkinan terkena. Salah satunya dengan melakukan screening kanker payudara.

Selain karena faktor usia, ada beberapa faktor risiko yang memicu kanker payudara. Seperti mutasi genetik, riwayat reproduksi, memiliki payudara yang padat, riwayat pribadi terhadap kanker payudara, riwayat keluarga dengan kanker payudara, perawatan dengan menggunakan radiasi, hingga obat-obatan.

Meski demikian, risiko terhadap kanker payudara bisa diminimalisir dengan menerapkan gaya hidup yang tepat. Mulai dari memperbanyak aktivitas fisik, mengontrol berat badan bahkan setelah menopause, tidak mengonsumsi penambah hormon, memiliki riwayat reproduksi yang sehat, dan tidak mengonsumsi alkohol.

Dari hasil penelitian yang ada menemukan bahwa faktor seperti asap rokok dan kendaraan serta terpapar bahan kimia juga meningkatkan risiko kanker payudara. Perubahan pada hormon yang mengikuti jadwal kerja malam pun juga dapat meningkatkan kanker payudara. Sehingga disarankan untuk melakukan aktivitas di siang hari dan istirahat di malam hari.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓