5 Tips Mudah Mempelajari Bahasa Asing dengan Cepat

Imelda Rahma14 Jul 2020, 08:35 WIB
Language

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, belajar bahasa asing adalah kebutuhan dan juga merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki. Bahasa sangat berakitan erat dengan komunikasi karena bahasa adalah medium agar seseorang dapat berkomunikasi dan mengerti satu sama lain.

Selain itu terdapat anggapan di masyarakat bahwa seseorang yang mampu menguasai bahasa asing lebih dari satu adalah sosok yang jenius dan berkemampuan istimewa karena  mampu menguasai bahasa negara lain dengan cepat. Akhirnya banyak anak muda kini termotivasi untuk belajar bahasa asing.

Selain bahasa inggris, masih ada beberapa bahasa dari negara lain yang cukup terkenal dan banyak dipelajari oleh anak muda di Indonesia. Contoh bahasa asing yang sering dipelajari oleh anak muda ialah Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, dan Bahasa Jerman. Tidak heran jika kini kamu akan mudah menemui lembaga privat bahasa asing yang mengajarkan banyak bahasa.

Nah, buat kamu yang juga ingin mempelajari bahasa asing secara otodidak, bisa melihat beberapa tips yang akan membantu kamu agar lebih cepat menguasainya. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 tips mudah mempelajari bahasa asing dengan cepat. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mantapkan Niat

Mantapkan Niat
Ilustrasi Belajar Bahasa Asing Credit: pexels.com/pixabay

Tips mudah mempelajari bahasa asing yang pertama ialah dengan memantapkan niat. Banyak anak muda mencoba belajar bahasa hanya karena mengikuti tren semata dan menginginkan pujian dari orang lain supaya dianggap pintar dan rajin. Jika niatmu seperti itu, maka kamu akan kesulitan karena kamu belajar bahasa dengan tidak ikhlas.

Supaya kamu dapat menyerap banyak kosa kata dan aturan penggunaan bahasa dengan cepat dan benar, kamu perlu memantapkan dan meluruskan niat. Niatkan hanya untuk menimba ilmu dan mendapat pengetahuan baru untuk pengembangan diri. Dengan begitu kamu akan mempelajarinya secara lebih santai dan cepat.

Kumpulkan Sumber dan Bahan Bacaan

Kumpulkan Sumber dan Bahan Bacaan
Ilustrasi Belajar Bahasa Asing Credit: pexels.com/pixabay

Selanjutnya, tips mudah mempelajari bahasa asing yang kedua ialah dengan mulai mengumpulkan sumberdan bahan bacaan seperti buku kamus dan literatur bahasa lainnya yang dapat membantu proses belajar. Kamu bisa membelinya ataupun meminjamnya di perpustakaan.

Jika metode membaca kamu bukan cara belajar yang tepat, kamu bisa juga menggunakan media film untuk mempelajari bahasa asing. Ada banyak pengalaman orang yang fasih berbahasa asing karena sering melihat film yang menggunakan bahasa asing tersebut. Tentunya dengan menonton film kamu juga sekaligus akan terhibur dan tidak merasa bosan.

Mengunduh Aplikasi Belajar Bahasa di Ponsel

Mengunduh Aplikasi Belajar Bahasa di Ponsel
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/pixabay

Berikutnya, tips mudah mempelajari bahasa asing yang ketiga ialah dengan memanfaatkan aplikasi layanan belajar bahasa asing secara gratis yang bisa kamu unduh di ponselmu. Kini ada banyak aplikasi yang akan membantumu belajar bahasa asing dengan mudah dan tampilan yang sangat menarik.

Kelebihan dari cara ini ialah kamu memiliki keleluasaan untuk belajar kapan saja dan dimana saja serta aplikasi yang ada di ponsel membuatmu belajar lebih praktis. Fitur yang ditawarkannya juga beragam, mulai dari belajar kuis hingga tebak-tebakan yang melatih kemampuan menghafal dan mengingat kosa kata baru dalam bahasa asing.

Belajar Lewat Video Pembelajaran di Youtube

Belajar Lewat Video Pembelajaran di Youtube
Ilustrasi Menonton Video Credit: pexels.com.pixabay

Jika biasanya kamu menggunakan youtube untuk menonton video musik, kini manfaatkan platform tersebut untuk belajar bahasa asing secara gratis. Ada banyak channel youtube yang bisa kamu temui tentang mempelajari bahasa asing. Kamu bisa menonton sekaligus belajar dari video yang diunggah di youtube.

Isi konten belajar bahasa asing di youtube sangat beragam, mulai dari percakapan sederhana sampai pada penggunaan kosa kata yang rumit. Tentunya menghabiskan waktu menonton youtube kini menjadi jauh lebih produktif daripada sekedar menengok video hiburan semata.

Menerapkannya Pada Keseharian

Menerapkannya Pada Keseharian
Ilustrasi Menerapkan Bahasa Asing Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, tips mudah mempelajari bahasa asing ialah dengan menerapkannya secara langsung dalam keseharian. Percuma kamu mempelajari banyak kosa kata jika kamu tidak mempraktikannya secara langsung. Cari temanmu yang bisa diajak berbicara bahasa asing lalu buatlah diskusi kecil yang mewajibkan kalian berdua untuk menggunakan bahasa asing.

Dengan menggunakannya dalam keseharian, kamu tidak akan canggung dengan bahasa asing tersebut dan juga membuatmu semakin percaya diri dalam berbicara bahasa asing. Gunakan untuk percakapan ringan sehari-hari seperti menanyakan kabar dan juga pendapat seseorang.

Lanjutkan Membaca ↓