Sukses

Lifestyle

Dukungan untuk Bisnis UMKM Tetap Beroprerasi di Masa New Normal

Fimela.com, Jakarta Pelaku bisnis kini menghadapi tantangan di era new normal. Untuk itu, melalui platform solusi bisnisnya untuk keperluan business-to-business (B2B), Zilingo Trade, berharap dapat mengatasi masalah mendasar ini melalui rangkaian layanan dan inisiatif untuk B2B. Untuk itu, Zilingo meluncurkan 'Ngopi Bareng Zilingo Trade', platform berbagi pengetahuan terbaru untuk para pemilik brand dan bisnis yang ingin mengetahui tentang masalah industri terbaru serta praktik bisnis terbaik dari para pakar industri.

Edisi pertama dari webinar 'Ngopi Bareng Zilingo Trade' mengangkat topik 'Makna New Normal bagi Pelaku Industri FMCG'. Menitikberatkan inti diskusi untuk industri FMCG, sesi ini menganalisis perilaku belanja dan konsumsi konsumen Indonesia selama periode kenormalan baru serta berbagai metode belanja yang disukai untuk melakukan pengadaan kebutuhan sehari-hari.

Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan pelaku bisnis untuk tetap beroperasi selama masa new normal.

1. Perhatikan dengan cermat dan beradaptasi dengan cepat sesuai dengan kebutuhan konsumen

Sejak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan hingga kini new normal, mayoritas konsumen telah beralih ke belanja daring (online) yang dianggap sebagai "cara belanja baru". Situasi ini mencerminkan bahwa walaupun harga jual dan panic buying telah kembali normal, permintaan pasar terus meningkat seiring dengan kesadaran konsumen akan keselamatan dan kesehatan pribadi.

 

2. Perkirakan potensi risiko yang ada di semua sektor

Dalam beberapa minggu pertama wabah COVID-19 di Indonesia, Joko Supono dari PT Amanah Prima Indonesia juga mengalami kesulitan untuk mempertahankan bisnis di tengah masa pandemi. Didukung oleh timnya, Joko juga mendorong upaya pemasarannya ke ranah digital mengingat lebih banyak pelanggannya mulai beralih ke online marketplace atau platform pengadaan untuk memenuhi kebutuhan jus sehat sehari-hari. Upaya ini terbukti efektif, dilihat dari peningkatan pendapatan dan daya beli dari konsumen baru yang lebih tinggi dibandingkan konsumen Toza Juice yang sudah ada.

 

3. Tingkatkan upaya untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan

Sebagai salah satu pelaku industri FMCG, PT Amanah Prima juga memastikan kepuasan konsumen sebagai salah satu prioritas utama mereka, termasuk mengatur daftar pengiriman dengan mitra logistik untuk memastikan produk dikirimkan kepada konsumen tepat waktu. Komunikasi yang ramah dan lembut kepada konsumen juga sangat dianjurkan. Pendekatan ini terbukti sangat efektif karena salah satu konsumen Toza Juice memutuskan untuk mengulangi pesanan dari PT Amanah Prima Indonesia, tiga hari sejak pemesanan pertama.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading