Mengenal E-Learning Sebagai Sistem Pendidikan yang Efektif di Masa New Normal

Vinsensia Dianawanti14 Jul 2020, 11:30 WIB
Memastikan Semua Peralatan Pendukung Belajar Online Siap Untuk Digunakan

Fimela.com, Jakarta Akibat pandemi virus corona menjadikan e-learning sebagai bagian dari new normal dalam sistem pendidikan di Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun memperpanjang masa belajar dari rumah mengingat situasi yang belum kondusif.

Dengan mempertimbangkan efektivitas, keamanan, dan kenyamanan, pembelajaran melalui e-learning dipilih hampir di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan e-learning?

E-learning sebenarnya merupakan sebuah sistem maupun konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, para pelaku di dunia pendidikan harus kreatif dalam memberikan materi pembelajaran.

Ada banyak jenis teknologi informasi yang bisa digunakan. Mulai dari komputer, aplikasi, hingga situs tertentu yang menjadi media pembelajaran. Melalui teknologi informasi ini baik guru maupun murid bisa mengakses materi pembelajaran di manapun dan kapanpun.

 

Tantangan dari e-learning

Buat Suasana Kegiatan Belajar Kondusif Bagi Anak
Ilustrasi Sekolah Secara Online Credit: pexels.com/pixabay

Tanpa melibatkan adanya tatap muka, artinya guru tidak bisa mengawasi secara langsung bagaimana anak melakukan proses pembelajaran. Sehingga dituntut kemandirian belajar dalam sistem e-learning.

Di beberapa sekolah dan kampus juga memilih melakukan kelas virtual melalui panggilan video. Dengan kelas virtual ini, guru meningkatkan interaksi dengan para murid secara langsung. Selain itu, panggilan video yang dilakukan juga bisa menjadi momen guru untuk memberikan dukungan emosional pada anak.

Meski menjadi lebih mudah dan efisien, pembelajaran melalui e-learing bukan tanpa tantangan. Kebanyakan tantangan justru datang dari segi teknis. Di mana koneksi internet hingga kualitas kamera yang digunakan memengaruhi kenyamanan pembelajaran secara online.

Belum lagi dengan kondisi di mana tidak semua murid memiliki sarana dan prasarana yang baik. Sementara guru harus memastikan bahwa seluruh murid mendapat materi pembelajaran dengan baik.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓