Cegah Stres Berlebih, 5 Tips Lindungi Diri dari Emosi Negatif Orang Lain

Endah Wijayanti14 Jul 2020, 12:15 WIB
melindungi diri

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak kamu ikut merasa kesal saat orang di dekatmu sedang kesal? Ada orang yang marah-marah, kamu pun ikut merasakan emosi marah. Gara-gara emosi negatif orang lain, kamu jadi ikut merasakan sesuatu yang negatif dalam diri dan malah stres sendiri.

Bagi orang-orang yang sangat sensitif atau highly sensitive people (HSP), cara mereka memproses stimulan eksternal dan internal jauh lebih dalam dibandingkan non-HSP. Mengutip laman introvertdear.com, stimulan eksternal bisa meliputi bau, suara, cahaya, dan tekstur, termasuk emosi dan energi orang lain. Pada HSP, emosi negatif orang lain bisa sangat memengaruhi emosinya sendiri. Bisa ikut merasa stres dan negatif.

Bagi kita yang kadang merasa mudah tertular emosi negatif orang lain, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk melindungi diri kita. Seperti tips-tips berikut ini.

1. Kenali Apa yang Memengaruhimu

Dengan mengetahui pemicu atau apa yang memengaruhimu, kamu akan lebih mudah untuk mengendalikan dirimu. Saat kamu merasa orang yang sedang menumpahkan kekesalannya membuatmu merasakan ikut stres, maka ada baiknya untuk menjauhinya atau mengambil jarak untuk menjauh terlebih dahulu darinya. Selalu ambil jeda dan coba analisis pemicu awalnya supaya bisa lebih mudah mengondisikan diri.

2. Tak Perlu Memaksakan Diri untuk Tampak Baik-Baik Saja

Memang pada saat-saat tertentu kita perlu menahan diri dan tidak langsung uring-uringan saat seseorang menunjukkan emosi negatifnya. Namun, ada kalanya kita perlu berbaik hati pada diri sendiri. Tidak perlu selalu memaksakan diri untuk tampak atau merasa baik-baik saja. Bila memungkinkan, utarakan langsung pada orang yang membuatmu tak nyaman supaya bisa saling mengerti satu sama lain.

3. Menjauhlah Selagi Bisa

meluangkan waktu menyendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Kolapatha+Saengbanchong

Energi dan batasanmu juga penting. Jadi, saat merasa kewalahan dengan sikap orang yang sudah terlampau negatif, tak ada salahnya untuk menjauh. Menjaga jarak atau menjauh untuk sementara waktu bisa bantu menetralkan emosimu. Setidaknya kamu tidak lagi rentan stres saat berada di dekat orang yang "beracun".

4. Fokus pada Sesuatu yang Bisa Kamu Kontrol

Terkadang saat kita terjebak dalam emosi negatif, ini karena hal tersebut membuat kita seakan tenggelam di dalamnya. Sulit untuk menghilangkannya begitu saja. Maka salah satu cara yang bisa digunakan adalah fokus pada hal-hal yang bisa kamu kontrol. Kita tak bisa selalu mengatur atau mengendalikan sikap atau cara bicara orang lain. Tapi kita bisa selalu mengupayakan diri untuk lebih tenang menghadapi situasi yang membuat kita tak nyaman, seperti dengan latihan pernapasan untuk menenangkan diri.

5. Lakukan "Ritual" yang Memberi Efek Menenangkan

Ketika sulit untuk menghindari orang-orang yang memiliki emosi negatif, kadang mau tak mau kita berusaha bertahan di dalamnya. Untuk kembali menenangkan diri, kita bisa melakukan sesuatu untuk diri kita. Kita bisa melakukan aktivitas fisik atau "ritual" yang ampuh untuk menenangkan diri kita. Berteriak di tempat yang sepi, memukul bantal, melakukan yoga, atau sekadar menikmati teh hangat bisa dilakukan sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Lampiaskan hal yang menyesakkan dada dengan melakukan sesuatu yang bisa melegakan perasaan.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu dan cukup efektif untuk membantumu tetap tenang dan tidak stres berlebihan dalam situasi yang tak menyenangkan, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓