5 Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Bisa Dicoba

Imelda Rahma14 Jul 2020, 13:15 WIB
Beasiswa

Fimela.com, Jakarta Salah satu standar kesuksesan anak muda masa kini ialah berhasil mendapat beasiswa bergengsi untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya kesempatan untuk berkuliah diluar negeri sehingga kamu memiliki banyak pilihan untuk mencoba melamar beasiswa.

Ada tren yang bergeser dari sekedar kuliah dikampus terbaik Indonesia menjadi berkesempatan untuk menimba ilmu diluar negeri. Banyak mahasiswa termotivasi oleh kisah awardee atau orang yang menerima beasiswa sehingga membsarkan harapan mereka untuk mendulang kisah sukses yang sama.

Beberapa kelebihan pun bisa didapatkan olehmu ketika berkuliah di luar negeri seperti berkomunikasi dengan banyak orang asing, mengenal budaya baru, memperluas jaringan, hingga bisa menikmati keindahan yang ada di negeri orang. Bisa mendapatkan beasiswa untuk kuliah diluar negeri juga merupakan cara dimana kamu bisa belajar sekaligus menetap sementara di negara orang dengan gratis. Tidak heran jika banyak yang tergiur.

Nah, buat kamu yang bercita-cita ingin melanjutkan studi ke luar negeri bisa melihat beberapa tips yang akan membantumu dalam mencapainya. Fimela.com kali ini akan berbagi informasi 5 tips mendapatkan beasiswa kuliah diluar negeri yang bisa dicoba. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pertahankan Nilai Akademik

Pertahankan Nilai Akademik
Ilustrasi Belajar Credit: pexels.com/pixabay

Tips mendapatkan beasiswa yang pertama ialah dengan memertahankan nilai akademik. Kamu akan mengalami kesulitan untuk melamar beasiswa kuliah diluar negeri jika nilai akademikmu kurang baik. Beberapa kampus diluar negeri memiliki kriteria yang cukup ketat dalam menyelenggarakan seleksi beasiswa, salah satunya adalah melihat nilai akademik.

Oleh karena itu, jika kamu ingin melanjutkan kuliah diluar negeri apalagi mengidamkan beasiswa, usahakan agar nila akademikmu berada dalam kondisi aman. Mulai detik ini mantapkan niat jika ingin berkuliah diluar negeri dengan rajin belajar dan kerjakan tugas semaksimal mungkin agar nilai akademikmu bagus.

Melakukan Riset Kampus yang Akan Dituju

Melakukan Riset Kampus yang Akan Dituju
Ilustrasi Belajar Credit: pexels.com/pixabay

Berikutnya, tips kedua yang perlu kamu ikuti agar berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri ialah dengan melakukan riset terhadap kampus yang kamu tuju. Banyak mahasiwa S1 yang sering salah kaprah dalam hal ini. Mereka mengidamkan beasiswa tetapi tidak tahu universitas mana yang akan mereka tuju, akhirnya persiapannya tidak maksimal bahkan tidak sesuai.

Oleh karena itu, tentukan dari sekarang kamu ingin melanjutkan studi dikampus mana lalu riset tentang kampus tersebut. Cari tahu program beasiswanya serta persyaratan yang berlaku karena tiap kampus pasti beda persyaratannya. Catat dan penuhi satu persatu, dengan cara ini kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih tepat dan efisien.

Kuasai Bahasa Inggris

Kuasai Bahasa Inggris
Ilustrasi Belajar Bahasa Inggris Credit: pexels.com/pixabay

Ketiga, tips mendapatkan beasiswa kuliah diluar negeri kali ini biasanya sering menjadi syarat wajib yakni, memiliki sertifikat yang berisi kemampuanmu dalam menguasai Bahasa Inggris. Biasanya yang sering dipakai ialah skor TOEFL dan IELTS. Untuk mendapatkan skor yang sempurna dalam tes tersebut tentunya kamu harus belajar dan menguasai Bahasa Inggris.

Kamu bisa mempersiapkan diri untuk melakukan tes TOEFL maupun IELTS dengan belajar Bahasa Inggris secara otodidak maupun mendaftarkan diri dibeberapa tempat kursus bahasa. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa belajar Bahasa Inggris secara gratis melalui internet, video pembelajaran di youtube, ataupun mengunduh beberapa aplikasi belajar bahasa asing tertentu di ponselmu. Semakin kamu menguasainya, semakin tinggi juga hasil tesnya.

Belajar Membuat CV dan Motivation Letter yang Profesional

Belajar Membuat CV dan Motivation Letter yang Profesional
Ilustrasi Membuat CV dan Motivation Letter Credit: pexels.com/pixabay

Selanjutnya, tips mendapatkan beasiswa kuliah diluar negeri yang keempat ialah belajar untuk membuat CV dan Motivation Letter (Motlet) yang profesional. Seperti seleksi pada umumnya, terdapat persyaratan dan seleksi administrasi yang mengharuskanmu untuk mencantumkan CV dan juga Motlet. Tentu saja kamu harus membuatnya sebaik mungkin agar pihak penyeleksi yakin dan tertarik.

Untuk membuat CV dan Motlet yang profesional, kamu harus banyak mencari informasi dan referensi serta sering berlatih. Jika sudah selesai membuatnya, coba tanyakan kepada dosen ataupun orang yang telah berhasil mendapatkan beasiswa tersebut sehingga kamu memiliki gambaran dan dapat merevisi sampai benar-benar sangat baik untuk dicantumkan.

Menerjemahkan Dokumen Penting ke Bahasa Inggris Melalui Jasa Penerjemah

Menerjemahkan Dokumen Penting ke Bahasa Inggris Melalui Jasa Penerjemah
Ilustrasi Dokumen Penting Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, tips mendapatkan beasiswa kuliah diluar negeri yang ini sering menjadi hambatan yang tidak terduga hingga mengakibatkan seseorang bisa gagal dalam seleksi beasiswa yakni, menerjemahkan dokumen penting kedalam bahasa inggris melalui jasa penerjemah tersumpah. Hal ini penting karena sebagian kampus diluar negeri biasanya akan memberikan peraturan seperti itu agar dokumen yang dicantumkan dapat dipahami dan bersifat universal.

Adapun dokumen yang harus diterjemahkan seperti ijazah dan transkip nilai serta beberapa sertifikat penting lainnya. Tentunya kamu harus menyiapkan ini jauh-jauh hari karena biasanya proses penerjemahan memakan waktu.

Lanjutkan Membaca ↓