Sulit Bahagia Bersama, 5 Sikap Beracun Penyebab Putusnya Hubungan

Endah Wijayanti15 Jul 2020, 13:45 WIB
sikap toxic

Fimela.com, Jakarta Menjalin sebuah hubungan, kita pasti ingin bahagia bersama pasangan. Kita dan pasangan memang dua individu berbeda tapi semua perbedaan bisa diatasi selama bisa saling menyelaraskan diri. Sayangnya, tak semua pasangan bisa mengendalikan sikapnya sehingga membuat hubungan berakhir perpisahan.

Beberapa sikap beracun bisa menjadi penyebab putusnya sebuah hubungan. Bahkan hubungan yang awalnya berjalan baik bisa berakhir perpisahan bila salah satu atau kedua belah pihak pasangan memiliki sikap beracun ini.

1. Bertengkar dengan Kekerasan

Melansir laman lifehacks.io, melempar barang-barang saat bertengkar adalah pertanda buruk bahwa sebuah hubungan tidak berjalan dengan baik. Melempar barang hingga melakukan kekerasan merupakan cara tidak sehat dalam meluapkan emosi. Jika kita punya pasangan yang cenderung bertindak kasar atau melakukan kekerasan dalam hubungan, maka perlu pertimbangkan lagi apakah hubungan layak dipertahankan.

2. Bersikap Dingin saat Ada Masalah

Saat dua orang sedang kesal atau marah, maka biasanya yang terjadi akan saling menjauh untuk menunjukkan kekesalan yang ada. Memang kadang perlu untuk berjarak sebentar saat sedang bertengkar untuk bisa menjernihkan pikiran. Namun, jika sikap dingin terus berlanjut bahkan saling mendiamkan saat ada masalah, maka hal ini bisa membuat keadaan makin buruk dan sulit diperbaiki.

3. Selalu Menyalahkan tanpa Alasan

usai bertengkar
Bertengkar dengan pasangan./Copyright shutterstock.com

Tadinya ingin berbagi cerita dan keluh kesah kepada pasangan, tapi pasangan langsung menyalahkanmu. Bahkan saat ada sesuatu yang tak beres, kamu selalu jadi kambing hitamnya. Sikap yang selalu menyalahkan atau saling menyalahkan saat ada masalah yang seharusnya diatasi bersama bisa membuat hubungan goyah. Padahal komunikasi yang jujur dan terbuka sangat penting untuk menjaga keutuhan hubungan.

4. Selalu Mengelak saat Salah

Ini juga sikap yang sebaiknya dihindari dalam hubungan. Saat kita memang melakukan kesalahan, maka perlu untuk segera meminta maaf dan meluruskan keadaan. Kalau malah mengelak dan menghindar saat salah, hal ini bisa memicu permasalahan baru yang lebih besar. Tak mau bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat bisa memicu lebih banyak masalah dalam hubungan.

5. Terlalu Menuntut Banyak Hal yang Tidak Realistis

Sikap yang terlalu menuntut dan memaksakan banyak hal yang tidak realistis hanya akan menodai sebuah hubungan. Misalnya, kamu menuntut pasanganmu untuk mencapai standar-standar sosok pasangan ideal seperti dalam film favoritmu. Padahal memaksa seseorang untuk berubah menjadi sosok yang bukan dirinya hanya akan melukai egonya. Ada baiknya dalam sebuah hubungan lebih pengertian dan saling menerima diri masing-masing supaya tidak ada yang terluka.

Setiap pasangan dalam sebuah hubungan pasti punya karakter masing-masing. Setidaknya dengan menghindari sikap negatif yang berlebihan seperti yang disebutkan di atas, kita bisa mengusahakan hubungan yang indah dengan orang terkasih kita.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓