4 Masalah Umum yang Sering Dihadapi dalam Kehidupan Pernikahan

Gayuh Tri Pinjungwati15 Jul 2020, 20:15 WIB
Diperbarui 15 Jul 2020, 20:15 WIB
pernikahan

Fimela.com, Jakarta Sangat penting untuk mengintip masalah dalam kehidupan pernikahan dan bagaimana dirimu bisa mengatasinya sebelum semuanya terlambat. Segala sesuatu dalam pernikahan tidak mudah, sederhana dan bahagia seperti yang dibayangkan banyak orang. Sebagian pernikah mungkin bisa menjadi bahagia dan penuh cinta, sementara sisi lain pernikahan bisa menjadi sesuatu yang menantang. Banyak masalah dalam kehidupan pernikahan biasanya dapat dihindari dan diperbaiki dengan waktu dan upaya dari kedua belah pihak. Berikut ini adalah masalah umum yang sering dihadapi dalam kehidupan pernikahan.

Batasan yang Tidak Jelas

Bicaralah dengan pasanganmu untuk menetapkan batasan. Batasan-batasan ini perlu ditetapkan dari kedia sisi sehingga syarat dan perjanjian yang disetujui adil. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk duduk bersama dan membuat batasan yang perlu disepakati. Dirimu dapat menuliskan batasan-batasanmu pada selembar kertas dan kemudian bandingkan ketika saat membicarakannya dengan pasanganmu.

Menjadi Egois

Satu hal yang tidak bisa dilakukan dalam pernikahan adalah bersikap egois. Masalah utama dalam pernikahan termasuk pasangan yang berperilaku egois satu sama lain, yang pada gilirannya menimbulkan sejumlah masalah kehidupan pernikahan lainnya. Beberapa pasangan menjadi jauh dan memisahkan diri dari satu sama lain karena masalah lain dalam hubungan. Agar hubungan tetap berjalan, kedua belah pihak harus saling menjaga dan menghargai apakah itu secara finansial, emosional, mental atau fisik.

Kemarahan

couple marah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/polkadot_photo

Kemarahan adalah suatu hal yang dapat menghancurkan hubungan dan menjadi sebuah masalah dalam kehidupan pernikahan. Setiap orang tidak sama dan memiliki pemikiran yang sama. Pasanganmu mungkin tidak dapat menangani kemarahan mereka dengan baik yang membuatnya menjadi sangat emosi. Mengontrol emosi sangat perlu dilakukan ketika seseorang menjalani kehidupan pernikahan. Kontrol emosi yang baik dapat menghindarkan pernikahan dari perpisahan.

Memiliki Kehidupan yang Terpisah

Masalah dalam kehidupan pernikahan termasuk media pasangan hidup terpisah. Mungkin akan menjadi sebuah masalah jika kedua pasangan menikah dan hidup terpisah. Pasangan yang menikah harus terlibat dalam kegiatan dan menghabiskan waktu bersama kapan pun mereka bisa.

Kualitas waktu adalah penting dalam suatu hubungan karena itu adalah waktu untuk mengikat dan mengenal pasangan mereka dari sebelumnya. Setalah bertahun-tahun hidup bersama, sudah umum bagi pasangan untuk menghadapi masalah hubungan. Dengan mengidentifikasi masalah dan solusi pernikahan yang umum ini, dirimu dapat melakukan upaya unutk memperbaiki masalah dalam kehidupan pernikahan dan memulihkan cinta dan kebahagiaan dalam hubungan.

Setiap kehidupan pernikahan tentu ada masalah. Namun, setiap pasangan pasti memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan baik, sehingga pernikahan tetap utuh dan selamat dari perpisahan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓