Makin Marak, Kenali Istilah Generasi Sandwhich yang Banyak Dihadapi Generasi Masa Kini

Nabila Mecadinisa07 Agu 2020, 11:00 WIB
Ilustrasi keuangan

Fimela.com, Jakarta Istilah keuangan generasi sandwich semakin marak. Popularitasnya kini kian mendapat perhatian. Sejumlah financial advisor bahkan sering mengangkat tema yang satu ini. Generasi sandwich bukanlan nama sebuah menu makanan.

Namun, generasi sandwhich adalah kondisi di mana seseorang bekerja untuk mencukupi kebutuhan dirinya dan keluarga termasuk orang tua. Kondisi inilah yang membuat seseorang 'terjepit' dalam sebuah situasi keuangan, layaknya sebuah roti lapis, sandwhich.

Perlu diketahui jika istilah ini berawal pada tahun 1981 dan diciptakan oleh Dorothy Miller. Seperti yang dilansir dari huffpost.com, ia menciptakan istilah keuangan Sandwich Generation, untuk para perempuan di usia 30-40 tahun, yang terhimpit situasi ekonomi di mana ia harus menghidupi seorang anak dan juga orang tuanya yang menjadi tanggung jawab dirinya.

Generasi Sandwhich

Ilustrasi keuangan
Generasi sandwhich (Foto: Unsplash)

Pada masa ini, banyak perempuan yang memutuskan untuk menunda untuk berkeluarga dan memiliki anak, karena mempunyai tanggungan lain. Namun kini, istilah generasi sandwhich semakin meluas, sehingga berlaku juga untuk para laki-laki yang berada di situasi serupa.

Namun, kamu bisa melakukan ragam upaya agar dapat memiliki kondisi keuangan yang sehat. Diantaranya adalah dengan menabung dan melakukan investasi serta proteksi diri yang aman dan tepat. Dengan cara ini, perlahan tapi pasti, di masa tua mendatang kamu bisa memiliki keuangan yang lebih stabil dan tidak menjadi beban bagi anak dan cucu kelak.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓