Sukses

Lifestyle

Panduan Lengkap Tata Cara Puasa Arafah, Beserta Doa dan Keutamannya

Fimela.com, Jakarta Menjelang Hari Raya Idul Adha, banyak umat muslim yang mengerjakan puasa sunnah Arafah. Puasa Arafah dilaksanakan pada 9 dzulhijjah, artinya berdasarkan kalender masehi dilaksanakan pada Kamis 30 Juli 2020. Hukum dari puasa sunnah ini adalah sunnah muakad yang artinya sangat dianjurkan.

Menurut hadis, keutamaan berpuasa Arafah bagi umat Muslim yang tidak tengah berhaji adalah dihapuskannya dosa selama dua tahun, setahun lalu dan setahun yang akan datang. Tentunya keistimewaan ini jangan sampai dilewatkan oleh setiap umat muslim karena bisa dijadikan sebagai investasi untuk menguragi dosa-dosa yang pernah kita lakukan setahun lalu dan setahun yang akan datang.

Dalam suatu hadis juga disebutkan bahwa Allah SWT akan membanggakan hamba-Nya yang sedang berkumpul beribadah di Arafah, tempat di hadapan para malaikat. Oleh karena itu, kaum muslimin yang tidak sedang berwukuf di Arafah pun disyariatkan beribadah sebagai gantinya berpuasa satu hari saat kaum muslimin yang berhaji berwukuf di Arafah.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk melaksanakan puasa Arafah, Fimela.com akan berbagi informasi mengenai panduan lengkap tata cara puasa Arafah, beserta doa dan keutamaannya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tata Cara Puasa Arafah

Tata cara berpuasa Arafah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tata cara puasa di bulan ramadan. Namun, godaan puasanya tentu berbeda, jika puasa ramadan sifatnya adalah wajib, maka puasa Arafah hukumnya adalah sunnah yang berarti tidak wajib sehingga bisa saja saat kamu melaksanakannya, ada yang tidak berpuasa sehingga kamu harus menguatkan niat dan iman saat mengerjakannya.

Adapun tata cara puasa Arafah seperti berikut ini:

  • Pertama, diwajibkan atas kamu yang ingin berpuasa Arafah untuk membaca doa niat berpuasa yang dilakukan sebelum fajar terbit atau di malam harinya. Boleh dilakukan di pagi hari dengan syarat belum makan, minum atau melakukan hal lain yang bisa membuat puasa tidak sah atau batal.
  • Kedua, dianjurkan bagi kamu yang ingin melaksanakan puasa Arafah untuk makan sahur, hukumnya sunnah namun jika kamu melaksanakannya akan mendapatkan pahala dan juga berkah.
  • Ketiga, menjauhi hal-hal yang bisa membatalkan puasa, contohnya adalah makan atau minum dengan disengaja, marah dan lain sebagainya hingga waktu berbuka puasa tiba.
  • Keempat, menyegerakan untuk berbuka puasa karena merupakan keutamaan untuk mendapatkan banyak pahala saat menjalankan ibadah puasa.

Bacaan Doa Niat Puasa Arafah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu urutan tata cara berpuasa Arafah ialah membaca niat puasa itu sendiri. Dianjurkan untuk membacanya pada malam hari sebelum mengerjakan puasa pada keesokan harinya. Adapun bacaan doa niat puasa Arafah seperti berikut ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Dibaca : “Nawaitu Sahauma Arafata Sunnatan lillahita’aala”

Artinya Niat saya puasa Arafah sunnah karena Allah ta’ala.

 

Keutamaan Puasa Arafah

Sebagai puasa sunnah yang sangat dianjurkan, puasa Arafah memiliki banyak keutamaan yang memberi berkah kepada umat muslim yang mampu melaksanakannya. Selain dihapuskannya doa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang, masih ada keutaman lainnya yang bisa didapatkan, berikut beberapa keutamaan menjalankan puasa sunnah Arafah:

  • Hamba Allah SWT yang ikhlas mengerjakan puasa sunnah Arafah akan mendapatkan usia yang barokah dan penuh dengan kemuliaan.
  • Janji Allah SWT kepada umatnya yang melaksanakan puasa Arafah adalah diberikannya kelancaran rizki, tidak hanya materi tetapi juga nikmat dikelilingi oleh orang baik.
  • Dengan berpuasa Arafah, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT sehingga hidup akan terasa lebih bahagia serta mendapatkan ketenangan jiwa.
  • Umat muslim yang berpuasa Arafah akan mendapatkan timbangan yang berat untuk amal baiknya sehingga jalan menuju surga lebih dimudahkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading