Sukses

Lifestyle

Bio Farma Siap Uji Klinis Vaksin Corona Sinovac yang Sudah Tiba di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Vaksin corona Sinovac dari Cina sudah tiba di Indonesia. Sebanyak 2.400 vaksin corona akan mendapatkan uji klinis dari Bio Farma. Rencananya fase uji klinis tahap tiga untuk vaksin COVID-19 dari Bio Farma ini akan dilakukan pada Agustus 2020.

Uji klinis akan memakan waktu selama enam bulan. Sehingga diprediksi uji klinis tahap tiga yang dilakukan Bio Farma pada vaksin corona Sinovac ini akan rampung pada Januari 2020.

“Apabila uji klinis vaksin COVID-19 tahap tiga lancar, maka Bio Farma akan memproduksinya pada kuartal pertama (Q1) 2021 mendatang. Kami sudah mempersiapkan fasilitas produksinya di Bio Farma dengan kapasitas produksi maksimal 250 juta dosis," kata Honesti Basyir Direktur Utama Bio Farma dalam keterangan resminya yang dilansir dari Liputan6.com, Selasa (20/7/2020).

 

Tahapan pengujian vaksin corona Sinovac

Sebelum dilakukan uji klinis, vaksin corona yang didatangkan dari Cina ini akan mendapatkan serangkaian tahapan pengujian sebelumnya. Sebelum bulan Agustus Bio Farma akan melakukan pengujian awal pada vaksin corona Sinovac yang datang pada Minggu (19/7/2020).

"Tahap yang masih harus dilewati antara lain, pengujian di dalam Laboratorium Bio Farma dan beberapa perizinan lainnya," tambah Honesti.

 

Alasan memilih vaksin corona Sinovac dari Cina

Dipilihnya Sinovac sebagai mitra oleh pemerintah Indonesia memiliki alasan tersendiri. Hal ini karena platform vaksin atau metode pembuatan vaksin yang digunakan oleh Sinovac sama dengan kompetensi yang dimiliki oleh Bio Farma. Penggunaan berupa metode inaktivasi vaksin, yang mana virus telah dimatikan. Bio Farma pun sudah memiliki pengalaman dalam pembuatan vaksin, seperti vaksin Pertusis.

Pengiriman vaksin COVID-19 dari Cina terwujud berkat dukungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan peran Kementerian Luar Negeri. Mereka membantu dalam proses kedatangan vaksin COVID-19 dari Cina hingga ke Indonesia sebagai Diplomatic Goods.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading