5 Tips Mudah Mengembalikan Fokus dan Konsentrasi yang Sudah Teruji

Annissa Wulan06 Agu 2020, 20:00 WIB
perempuan bekerja

Fimela.com, Jakarta Sulit fokus dan berkonsentrasi menjadi hal umum yang terjadi ketika kamu sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Tidak jarang kesulitan fokus dan konsentrasi menyebabkan kamu frustasi, terutama ketika kamu menghadapi tenggat waktu pekerjaan, benar?

Namun, tenang, melansir dari sheknows.com, ada beberapa tips mudah tanpa rasa sakit mengembalikan fokus dan konsentrasi. Penasaran?

1. Olahraga

Olahraga atau aktivitas fisik selama 5 menit bisa mengembalikan fokus dan konsentrasi untuk bekerja. Olahraga dapat mengubah zat kimia dalam darah yang melewati otak, untuk membantu kemampuan fokus.

2. Hindari multitasking

Multitasking adalah sesuatu yang hampir semua orang pikir bisa melakukannya, namun sebenarnya hanya sebagian orang yang benar-benar mampu melakukannya. Multitasking menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan sebuah pekerjaan dan kurang efisien.

3. Meditasi

Meditasi dapat membantu mengembalikan fokus dan konsentrasi jika dipraktikkan secara rutin. Duduklah selama 5 menit dan luangkan waktu untuk melakukan meditasi sekali dalam sehari untuk melatih fokus dan konsentrasi.

 

 

4. Rencanakan harimu

perempuan stres bekerja
ilustrasi stres/copyright By weedezign (Shutterstock)

Merencanakan hari dapat membantumu lebih mudah mengatur fokus dan konsentrasi untuk menyelesaikan tugas berdasarkan urutan kepentingannya.

5. Mencoba teknik pomodoro

Teknik pomodoro adalah metode manajemen waktu yang diatur untuk memecah interval waktu pekerjaan. Misalnya selama 25 menit sekali, ambil waktu selama 5 menit untuk istirahat minum teh atau meregangkan tubuh.

6. Berkomunikasi dengan orang lain

stres pekerjaan
ilustrasi perempuan bekerja/copyright By TORWAISTUDIO (Shutterstock)

Berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dapat mengurangi stres yang seringkali mengganggu fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

7. Mengelola stres

Mengelola stres sangat penting untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi. Contohnya dengan tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, melakukan meditasi, dan makan makanan sehat. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓