3 Hal yang Harus Dilakukan Jika Sering Alami Mimpi Buruk

Nabila Mecadinisa05 Agu 2020, 16:30 WIB
Mimpi Buruk

Fimela.com, Jakarta Mimpi adalah bunga tidur. Tapi ternyata, tidak selamanya mimpi itu indah. Faktanya, banyak orang yang mengalami mimpi buruk saat tidur. Tidak hanya sekali, namun ada juga yang mengalami mimpi buruk secara terus menerus.

Mimpi buruk ini mampu mempengaruhi psikologis kita. Bahakan, kualitas tidur juga jadi menurun, sehingga menyebabkan ragam masalah kesehatan. Seperti yang dilansir dari Vogue.com, ada sejumlah langkah yang harus dilakukan saat kita mendapat mimpi buruk. Apa saja kah? 

Yang harus dilakukan saat alami mimpi buruk

mimpi buruk
Ilustrasi bangun dari mimpi./Copyright shutterstock.com/g/Namoyim

1. Membuat dream journal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat jurnal. Catat setiap mimpi yang kamu alami. Langkah ini dapat membantu kita untuk menyadari dan menganalisa pola mimpi.

2. Tetap aktif dan berpikir jernih

Ya, pikiran yang jernih memiliki energi positif pada tubuh. Jadi, pastikan agar kamu dapat mempraktikan mindfulness dan cari aktivitas positif yang bis amengalihkan pikiran dari rasa cemas.

Yang harus dilakukan saat alami mimpi buruk

mimpi buruk
Ilustrasi bangun dari mimpi./Copyright shutterstock.com

3. Pupuk pikiran bahagia

Walau tidak mudah saat situasi seperti ini, namun rasa bahagia bisa dipupuk secra perlahan. Cobalah untuk pikirkan hal negatif dari sudut pandang lain. Ambil hikmah dari segala kejadian dan panjatkan rasa syukur. Dengan cara ini, maka kamu bisa menjauhan pikiran dari rasa cemas yang menyebabkan mimpi buruk.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓