Manfaat Mengonsumsi Jus Sayuran Hijau Setiap Hari

Karla Farhana03 Agu 2020, 15:00 WIB
[Fimela] jus sayuran hijau

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan mengonsumsi jus setiap pagi pada saat perut kosong sempat menjadi tren di dunia kesehatan. Pasalnya, mengonsumsi jus buah setiap pagi mampu menurunkan kolesterol dan membakar lemak lebih banyak. Tren ini kemudian berkembang. Bukan hanya sekadar buah, banyak orang yang mulai mengonsumsi jus sayuran hijau setiap pagi untuk mendapatkan ekstra serat yang dapat membakar lemak. 

Namun, ternyata jus hijau atau green juice ini memiliki sejumlah manfaat lain untuk kesehatanmu. Majalah Shape menulis, green juice bukan hanya menjadi tren di media sosial saja, tetapi juga diikuti para selebrita, termasuk Meghan Markle dan Julianne Hough. 

Belakangan, jus hijau yang kesannya sangat tidak lezat justru berubah menjadi sebuah tren baru yang menyehatkan. Pasalnya, banyak orang kemudian menambahkan berbagai jenis buah-buahan untuk menciptakan minuman sehat yang lezat. Seperti mencampurkan kiwi dan apel hijau dengan jus bayam atau seledri. 

Selain bayam, sayuran hijau yang paling sering dibuat menjadi jus adalah kale dan wheatgrass. Lantas, apa sebenarnya manfaat jus sayuran hijau ini bagi kesehatan tubuh? 

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

[Fimela] jus sayuran
ilustrasi jus sayuran | pexels.com/@alexandermils

Untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh sehari-hari, kamu diwajibkan mengonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Namun, mengonsumsi sayuran dalam jumlah cukup banyak pada saat makan siang atau sarapan sepertinya akan membuatmu kenyang duluan dan lelah mengunyah. 

Untuk itu, membuat jus sayuran akan mempermudahmu dalam memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Jika kebutuhan serat terpenuhi, the List menulis, Buang Air Besar akan menjadi lebih lancar. Selain itu, pemenuhan kebutuhan serat tubuh ini juga akan menyeimbangkan bakteri baik dalam tubuh, terutama pada sistem pencernaan. 

Bakteri baik inilah yang akan meningkatkan sistem imun tubuhmu, sehingga kamu tidak akan mudah sakit. Selain itu, penyerapan nutrisi dan gizi ke dalam tubuh pun menjadi lebih optimal. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓