Sukses

Lifestyle

Beraktivitas di Masa New Normal: Bagaimana Kita Harus Bersikap?

Fimela.com, Jakarta Masa adaptasi kebiasaan baru yang diterapkan belakangan ini perlu disikapi dengan ekstra hati-hati saat melakukan aktivitas di luar rumah. Jangan sampai tertipu dengan rasa aman yang semu, sehingga kamu mulai melanggar protokol-protokol kesehatan.

Apalagi jika selama menuju tempat kerja kamu perlu naik transportasi umum lebih dulu, sebisa mungkin protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 diterapkan secara optimal.

Meski begitu, kamu nggak perlu merasa paranoid atau takut berlebihan, karena pikiran dan perasaan seperti itu yang ada malah bisa mengikis imunitas tubuh. Yang terpenting adalah tetap selalu waspada, karena bagaimanapun pandemi Covid-19 belum selesai sepenuhnya.

Dimanapun kamu beraktivitas di luar rumah, tetaplah menerapkan protokol kesehatan selama pandemi, sesuai himbauan pemerintah. Dari menggunakan masker, dan membawa hand sanitizer, maupun rajin cuci tangan setiap kali beraktivitas di tempat kerja. Bila perlu bawalah bekal serta peralatan makan dan minum sendiri, agar lebih higienis dan aman selama berada di luar rumah.

Nggak kalah penting, tetaplah menjaga jarak atau physical distancing selama berada di luar rumah, hindari kerumunan, hingga lekas mandi sampai bersih setiba di rumah, serta mencuci pakaian yang digunakan saat berkegiatan di luar. Jangan lupa juga, tetap menjaga daya tahan tubuh selama masa new normal dengan beberapa cara berikut ini.

Tetap Rutin Berolahraga

Sesibuk dan sepadat apapun aktivitasmu, cobalah untuk tetap rutin berolahraga selama new normal ini. Bukan hanya membuat tubuh lebih bugar, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) mengungkapkan olahraga dengan intensitas sedang, dapat membantu mengoptimalkan kinerja jantung dalam memompa darah dan sumber nutrisi lainnya ke seluruh tubuh. Hal tersebut secara nggak langsung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut National Institutes of Health: Benefit Exercise (2019) lakukan olahraga selama 15-30 menit per hari. Sementara beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba untuk meningkatkan daya tubuh selama new normal, antara lain skipping yang berguna menjaga kesehatan jantung dan paru. Lakukan juga push up maupun crunch untuk melatih otot dada dan perut. Kamu juga bisa bersepeda yang juga lagi tengah tren. Bisa kamu manfaatkan saat bolak-balik ke tempat kerja, tetapi tetap perhatikan keamanan selama bersepeda di jalan raya, termasuk menggunakan masker dan menerapkan physical distancing, sebagaimana imbauan atau protokol kesehatan selama pandemi yang berlaku.

Istirahat yang Cukup

Selain berolahraga, mencukupi waktu istirahat penting untuk diterapkan selama new normal ini. Perhatikan kualitas tidur, dengan menghindari begadang, main game, atau main gadget lama-lama saat malam hari. Istirahatlah selama kurang lebih 7-8 jam. Manfaat istirahat ini menurut National Sleep Foundation dapat membangun kembali otot-otot yang sudah lelah sepanjang hari.

Begitu juga dengan otak akan menjadi lebih segar, jika cukup diistirahatkan dengan baik. Apalagi selama istirahat di malam hari ini diperlukan untuk proses regenerasi sel-sel otak yang rusak. Manfaat lainnya, cukup istirahat juga dapat memperbaiki sistem metabolik, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Lengkapi gaya hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama new normal, dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Jadi, bukan hanya nasi dan mie instan saja. Sebaliknya, dilansir dari jurnal Nutritional Modulation of Immune System (2018) lengkapi sumber karbohidrat kaya serat, seperti roti gandum, nasi beras merah, atau umbi-umbian. Padukan dengan sumber protein dan omega-3, seperti ikan, ayam, telur, maupun tempe, yang dimasak dengan direbus, panggang atau kukus. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan olahan yang digoreng, agar nggak menambah kadar kolesterol jahat dalam tubuh atau low density lipoprotein (LDL).

Seimbangkan dengan makan sayuran dan buah-buahan juga, sebagai sumber vitamin, mineral esensial penting, hingga beragam zat antioksidan. Menurut lansiran jurnal Healthline (2019) beberapa sayuran dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain brokoli, bayam, pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, hingga stroberi. Buah-buahan dan sayuran tersebut kaya vitamin, terutama vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Biar manfaat vitamin C harian yang didapatkan bisa lebih optimal untuk meningkatkan imunitas tubuh, kamu bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C yang care seperti Holisticare Ester C. Vitamin C inovasi baru ini memiliki pH mendekati air (netral), sehingga lebih nggak bikin perih di lambung. Holisticare Ester C juga memiliki daya serap oleh tubuh (bioavailabilitas) yang tinggi, sehingga dapat membantu vitamin C bertahan lama di dalam tubuh.

Demi membantumu agar merdeka dari rasa takut sakit, Holisticare Ester C punya paket lengkap Vitamin C buat kamu. Di antaranya Holisticare Ester C Tablet, Holisticare Ester C 1000, Holisticare Ester C Effervescent, dan Holisticare Ester C Kids. Ketahui info selengkapnya di sini yuk!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading