Sukses

Lifestyle

Tak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Kesehatan Memijat Telinga Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Jika orang mendengar kata 'memijat' mungkin yang sering muncul di pikiran adalah memijat tubuh yang lelah seperti pundak dan kaki. Namun tak banyak yang tahu bahwa memijat telinga ternyata memiliki manfaat kesehatan yang tak terduga.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal NCBI Evid Based Complement Alternat Med. 2012 menemukan bahwa memijat dan mengusap telinga dengan lembut terutama bagian lobus akan merangsang saraf-saraf di area tersebut sehingga memicu otak melepaskan endorfin.

 

Membuat tubuh rileks

Hormon ini diketahui mampu membuat tubuh merasa lebih baik, meringankan rasa sakit, kelelahan dan bahkan menimbulkan rasa bahagia. Penelitian juga menyebutkan bahwa memijat telinga secara rutin juga membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga tubuh lebih rileks.

Dalam penelitian lain yang dimuat dalam Scientific Reports tahun 2014 menemukan bahwa memijat telinga mampu menurunkan kadar kecemasan dan stres di siatuasi yang membuat seseorang tertekan. Ini karena telinga memiliki titik akupuntur yang mampu membantu melepaskan rasa gelisah.

Orang pasti tak terbiasa membayangkan bagaimana caranya memijat telinga. Sederhana saa Sahabat Fimela, cukup dengan berbaring atau duduk santai, pengang ujung telinga dan pijat perlahan secara menyeluruh di bagian telinga. Pelan-pelan dan berikan tekanan pada bagian belakang telinga untuk memberikan kenyamanan.

Jadi jika menghadapi situasi yang bikin stres atau merasa keleahan sata pulang kerja, jangan ragu memijat telinga agar sehat ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading