Sukses

Lifestyle

Kenali Jenis dan Fungsi Cuka yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Salah satu pelengkap masakan yang banyak digunakan adalah cuka. Rasanya yang asam menambah cita rasa. Cuka merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang biasanya memiliki rasa asam, dan terbuat dari fermentasi buah atau biji-bijian.

Cuka memiliki banyak jenis yang tentunya memiliki manfaat serta fungsi yang berbeda-beda. Cuka juga terbuat dari bermacam-macam fermentasi. Selain digunakan sebagai pelengkap masakan, cuka memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan berat badan hingga membantu mengatasi masalah kulit.

Berikut jenis-jenis cuka, beserta fungsinya yang bermacam-macam. Dilansir dari berbagai sumber:

Cuka Apel

Cuka apel merupakan cuka yang cukup populer dikalangan perempuan. Cuka apel dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kulit, dan membantu menyehatkan tubuh.

Cuka apel memiliki kandungan yang kaya akan potassium, vitamin C dan prebiotik, yang bisa membantu membersihkan sistem pencernaan. Cuka apel juga bisa membantu mengontrol tekanan darah, membersihkan sistem limfa, dan membantu mengontrol kadar gula di dalam tubuh. 

Cuka ini terbuat dari fermentasi apel, yang memiliki rasa asam dan manis. Cuka ini bisa dijadikan bahan pelengkap salad atau diminum bersama air putih.

Cuka Kelapa

Jenis cuka yang selanjutnya, yaitu cuka kelapa yang dipercaya bisa menyehatkan, dan sangat baik untuk dikonsumsi. Cuka kelapa memiliki kandungan asam amino, vitamin C, potassium dan enzim mentah.

Cuka kelapa memiliki kandungan rendah kalori, dan rasanya cenderung asam manis, cocok untuk dikonsumsi yang sedang menjalankan program diet. Cuka kelapa memiliki fungsi untuk menurunkan kadar gula darah, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Cuka Anggur

Cuka anggur merupakan fermentasi dari buah anggur. Sehingga memiliki rasa yang asam, tetapi bisa membuat masakan terasa lebih enak.

Biasanya cuka anggur digunakan untuk merendam ayam, sebagai masakan khas Mediterania dan Eropa, dan biasanya juga digunakan untuk bumbu membuat steak daging. Cuka anggur memiliki fungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah, menjaga kesehatan kulit, membantu menurunkan berat badan dan baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Cuka Beras

Cuka beras merupakan cuka yang terbuat dari fermentasi beras, yang memiliki rasa sedikit manis, dan bisa dijadikan sebagai pelengkap rasa ke berbagai masakan.

Cuka beras memiliki sifat antibakteri, yang bisa membantu membunuh dan mencegah bakteri pada makanan. Sehingga cuka beras sering digunakan untuk makanan ala Jepang yang cenderung mentah atau setengah matang.

Cuka beras memiliki fungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, melindungi kesehatan jantung dan hati, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengontrol berat badan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading