Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Mendapatkan Mimpi Buruk

Fimela.com, Jakarta Banyak orang menganggap bahwa mimpi hanyalah sekedar bunga tidur yang tidak memiliki arti. Mimpi dianggap hal yang wajar dan bisa terjadi pada siapapun saat tertidur. Namun, hal ini nampaknya akan jadi berbeda ketika kita mendapatkan mimpi buruk sampai membuat kita tidak nyaman untuk melanjutkan tidur

Beberapa orang dapat menikmati mimpi buruk sampai mereka bangun dan melupakannya, sedangkan sebagiannya lagi akan merasa terganggu sampai terbangun dari tidur. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab mimpi buruk. Namun, ada dugaan mimpi buruk terkait dengan faktor genetik, psikologis, kelainan fisik, gangguan dalam proses tumbuh kembang, dan gangguan pada sistem saraf pusat.

Namun, beberapa hal yang bisa menyebabkan mimpi buruk diantaranya adalah stres, rasa cemas yang berlebihan, trauma, dan ada sesuatu hal yang kamu pikirkan sebelum tidur, biasanya hal tersebut adalah hal yang kamu takuti sehingga terbawa mimpi. Banyak orang kebingungan setelah mendapatkan mimpi buruk, mereka mulai menerka penyebab hingga makna yang tersirat didalamnya.

Nah, buat kamu yang juga merasakan hal tersebut, bingung ketika mendapatkan mimpi buruk, maka seharusnya ini yang kamu lakukan. Fimela.com akan membagikan informasi 4 hal yang perlu kamu lakukan jika mendapat mimpi buruk. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Menarik Napas dan Berusaha Tenang

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika mendapat mimpi buruk dan sampai terbangun ialah menarik napas panjang dan berusaha tenang. Mimpi buruk yang sampai membuatmu terbangun tentu saja akan sangat mengganggu dan kamu bisa merasa ketakutan. Untuk itu, tarik napas panjang dan berikan sugesti agar kamu tenang.

Dengan menarik napas panjang sebenarnya kamu sedang berusaha untuk sadar dan mengontrol diri dari mimpi buruk yang baru saja kamu alami. Saat kamu sudah sadar, kamu akan tahu bahwa hal buruk yang kau lihat tadi hanyalah mimpi dna tidak terjadi secara nyata di kehidupanmu.

Mengubah Posisi Tidur

Kedua, hal yang perlu kamu lakukan ketika mendapat mimpi buruk ialah mengubah posisi tidur dari posisi sebelumnya. Jika kamu terbangun saat mimpi buruk dan berniat untuk melanjutkan tidur maka usahakan kamu mengubah posisi tidur.

Dengan mengubah posisi tidur akan memberikan sugesti pada diri bahwa mimpi tersebut sudah berpindah alias tidak akan menghampirimu lagi saat tertidur. Mengubah posisi tidur juga merupakan cara agar kamu lebih rileks saat tidur karena posisi yang sama bisa jadi membuat otot-otot tegang.

Mengonsumsi Air Putih

Berikutnya, hal lain yang perlu kamu lakukan ketika mendapat mimpi buruk dan tidaj bisa tidur lagi karena merasa cemas, takut, dan begitu terganggu ialah sebaiknya mengonsumsi banyak air putih. Mengonsumsi banyak air putih bisa membuatmu merasa lega dan lebih tenang serta mengurangi kecemasan yang kamu rasakan akibat mimpi buruk.

Usahakan untuk meminum air putih hangat atau netral, hindari mengonsumsi air putih dalam kondisi dingin karena bisa membuat tubuh menjadi kaget dan tegang. Jika setelah mengonsumsi air putih kamu merasa lebih baik, maka kamu bisa melanjutkan tidur atau melakukan aktivitas lain yang bisa menghiburmu dan memberimu ketenangan.

Berdoa

Terakhir, hal yang perlu kamu lakukan ketika mendapat mimpi buruk ialah berdoa. Berdoa agar kamu senantiasa terlindung dari hal-hal buruk, contohnya adalah mimpi yang baru saja kamu dapatkan. Beberapa orang percaya bahwa mimpi buruk ada kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis. Oleh karena itu, kamu harus mengatasinya dengan berdoa.

Dengan berdoa tentu hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang dan kamu pun merasa lebih nyaman karena merasa sudah terlindungi. Untuk menghindari mimpi buruk maka pastikan sebelum tidur dan sesudah bangun tidur kamu memanjatkan doa. Doa akan memberikan sugesti yang luar biasa pada dirimu untuk tetap terjaga dari mimpi buruk saat tertidur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading