Bukti Studi, Memandang Ikan di Aquarium Bisa Tingkatkan Kreativitas

Febi Anindya Kirana02 Agu 2020, 11:15 WIB
ikan aquarium

Fimela.com, Jakarta Hewan peliharaan ada banyak macamnya, dan ikan mungkin menjadi salah satu hewan peliharaan yang mudah dirawat serta memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Sebuah laporan ilmiah yang diterbitkan dalam SAGE Journal Environment and Behavior menemukan bahwa memandang ikan berenang di akuarium mampu menurunkan kadar stres, kecemasan dan rasa sakit yang dirasakan seseorang, bahkan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Manfaat memandang ikan

fish bowl
Photo by Ahmed Zayan on Unsplash

Orang yang mengalami kehidupan penuh tekanan disarankan memelihara ikan di rumah di dalam aquarium agar bisa mendapatkan efek tenang yang alami. Sering memandang ikan di aquarium bahkan efektif meningkatkan pemikiran kreatif seiring menurunkan hormon stres di dalam otak.

Ketika melihat ikan berenang orang akan melihat air dan pergerakan ikan yang alami, dan kesan alami inilah yang menenangkan pikiran. Kemampuan konsentrasi juga akan meningkat ketika stres menurun dan merasa lebih rileks.

Itulah mengapa seseorang dianjurkan memelihara ikan di dalam aquarium ketika menghadapi stres berlebihan. Meski tampak sepele namun ternyata memelihara ikan di rumah mampu memberi dampak sangat positif untuk kesehatan mental, Sahabat Fimela.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓