5 Perbedaan Hubungan yang Sehat dan Tidak Sehat

Endah Wijayanti29 Jul 2020, 07:15 WIB
pria berjarak

ringkasan

  • Hubungan yang Sehat Memberimu Kebebasan jadi Diri Sendiri
  • Hubungan yang Sehat Selalu Terbuka dalam Berkomunikasi
  • Hubungan yang Sehat Menghargai Komitmen
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang sehat akan bertahan lama dan mendatangkan lebih banyak kebahagiaan dalam hidup. Sedangkan hubungan yang tidak sehat biasanya akan dipenuhi banyak konflik dan bisa berakhir dengan perpisahan. Tapi seberapa besar pemahaman kita soal hubungan yang sehat dan tidak sehat?

Ada sejumlah perbedaan mendasar antara hubungan yang sehat dan tidak sehat. Secara umum, perbedaan tersebut adalah seperti penjabaran di bawah ini. Yuk, langsung kita simak selengkapnya.

1. Hubungan yang Sehat Memberimu Kebebasan jadi Diri Sendiri

Mengutip laman inspiringtips.com, sebuah hubungan yang baik akan membantumu tumbuh sebagai individu. Kamu tetap bisa bebas jadi dirimu sendiri. Hubungan yang sehat tetap membuatmu nyaman dengan diri sendiri dan senantiasa berproses jadi versi terbaik dirimu. Tapi kalau kamu dipaksa untuk berubah dan makin menjadi pribadi yang buruk dalam sebuah hubungan, maka itu tanda hubunganmu tidak sehat.

2. Hubungan yang Sehat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kamu dan pasangan bisa mendiskusikan sebuah hal bersama dan membuat pilihan bersama. Ada rasa percaya diri yang tumbuh dalam hubungan bahwa masalah apa pun pasit bisa dicari jalan keluarnya bila dikomunikasikan dengan baik. Jika yang terjadi ada salah satu pihak yang terlalu dominan dan satunya merasa rendah diri, hubungan yang timpang membuat hubungan jadi tidak sehat.

3. Hubungan yang Sehat Menerima Perbedaan

Belum Afdol Jadi Pasangan kalau Belum Berantem karena 8 Hal Ini
Ilustrasi. (Foto: unsplash.com/Arkady Lifshits)

Perbedaan pendapat dan sudut pandang merupakan hal yang normal terjadi dalam sebuah hubungan. Kamu dan pasangan adalah dua individu yang tak sama, maka pasti ada sejumlah perbedaan yang dimiliki. Apabila perbedaan yang ada terus diperdebatkan dan malah dibesar-besarkan, maka hubungan bisa makin tidak sehat. Perbedaan dalam sebuah hubungan tidak bisa serta merta dihilangkan. Melainkan perlu upaya untuk saling menerima dan menyesuaikan diri satu sama lain.

4. Hubungan yang Sehat Selalu Terbuka dalam Berkomunikasi

Komunikasi yang baik adalah salah satu tanda hubungan yang sehat. Jika yang terjadi adalah komunikasi yang penuh prasangka, maka hubungan jadi tidak sehat. Penting bagi pasangan untuk bisa berkomunikasi terbuka satu sama lain untuk membangun hubungan yang sehat dan harmonis.

5. Hubungan yang Sehat Menghargai Komitmen

Sudah ada komitmen untuk saling percaya, maka komitmen itu perlu dijaga. Ada komitmen untuk saling setia, maka komitmen itu tak boleh dilanggar. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang menghargai dan menjunjung komitmen bersama. Sebaliknya, jika komitmen selalu dilanggar dan dirusak, maka hubungan akan menjadi tidak sehat.

Ada banyak sudut pandang soal hubungan yang sehat dan tidak sehat. Lima hal di atas adalah gambaran umum tentang hubungan seperti apa yang memang layak untuk dipertahankan dan tidak dipertahankan. Semoga info di atas bisa jadi referensi untuk membantumu menjalani hubungan yang lebih baik, ya.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓