Sukses

Lifestyle

Jenis Vitamin yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Fimela.com, Jakarta Di umur yang beranjak dewasa ini, sering kali pasti kita merasa susah tidur. Salah satu penyebabnya adalah banyak pikiran dan pekerjaan yang membuat jam tidur menjadi berantakan.

Jam tidur yang berantakan atau susah tidur pada malam hari. Hal ini bisa membuat tubuh dan kulit menjadi rusak. Tidur yang tidak berkualitas, bisa menjadi penyebab timbulnya penuaan dini pada kulit dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Agar tubuh tetap sehat, dan kualitas tidur tetap baik, maka harus mengonsumsi vitamin setiap hari. Berikut jenis-jenis vitamin yang harus dikonsumsi, yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, dirangkum dari berbagai sumber:

Vitamin D

Agar kualitas tidur meningkat konsumsilah vitamin D setiap hari, sebagai suplemen tambahan di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, jika seseorang kekurangan vitamin D di dalam tubuh, bisa menyebabkan gangguan tidur yang nantinya bisa membuat tubuh lemah.

Selain bisa mengonsumsi suplemen kamu bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D, dan juga berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari.

Vitamin C

Jenis vitamin yang selainnya, yaitu vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur. Vitamin bisa membantu meningkatkan produksi sel imun di dalam tubuh, membantu mengurangi stress, dan bisa membantu melawan gangguan tidur.

Selain baik untuk membantu meningkatkan kualitas tidur untuk kesehatan, vitamin C juga membantu memproduksi kolagen di dalam tubuh, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin C, saat mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, sayuran hijau, dan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Vitamin B12

Vitamin B12 bisa disebut juga dengan kobalamin, yang merupakan vitamin larut air, yang berperan penting untuk membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Fungsi otak dan sistem saraf yang seimbang, bisa membantu menjaga kualitas tidur di malam hari, dan membantu mengurangi stress berlebih.

Vitamin B12 merupakan vitamin hewani, yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging atau ikan, dan juga suplemen yang memiliki kandungan vitamin B12.

Vitamin B6

Jenis vitamin yang selanjutnya, yaitu vitamin B6 yang baik dikonsumsi, untuk membantu meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Vitamin B6 bermanfaat untuk membantu tubuh mengubah triptofan menjadi serotonin, yang merupakan hormon yang mengatur suasana hati agar tidak mudah berubah-ubah, dan membantu meningkatkan melatonin.

Kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan meningkatnya hormone stress, yang bisa menyebabkan seseorang susah tidur, dan membuat suasana hati mudah berubah-ubah. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B6 dengan mengonsumsi ikan salmon, semangka, bayam dan buncis yang diimbangi dengan makanan bergizi lainnya.

Vitamin E

Jenis vitamin yang terakhir, yaitu vitamin E yang baik dikonsumsi, untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Vitamin E juga memiliki sifat antioksidan, yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membantu menjaga kesehatan otak.

Kurang tidur bisa saja disebabkan karena otak yang kurang mendapat asupan gizi, yang mengakibatkan tingkat stress berlebih, serta membuat suasana hati bisa berubah-ubah. Kamu bisa mengonsumsi biji-bijian, sayuran hijau, buah dan minyak kedelai untuk menambahkan vitamin E untuk gizi di dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading