Kenali Efek Samping Melakukan Diet Ketat

Kezia Prasetya Christvidya28 Jul 2020, 19:35 WIB
diet-kezo

Fimela.com, Jakarta Memiliki tubuh ideal merupakan idaman setiap perempuan. Berbagai cara dilakukan oleh perempuan, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan berat badan ideal. Selain melakukan olahraga, banyak yang memilih untuk melakukan diet, hingga menjalankan diet secara ketat.

Tentu saja diet boleh dilakukan. Karena diet merupakan cara yang baik, untuk membantu mengatur pola makan sehari-hari. Namun yang tidak boleh dilakukan adalah melakukan diet ketat, yang bisa membahayakan kesehatan tubuh, karena kurangnya asupan gizi yang dikonsumsi pada saat melakukan diet ketat.

Yuk kenali efek samping melakukan diet ketat, agar tubuh tetap sehat dan badan tetap ideal, dirangkum dari berbagai sumber:

Berat Badan Tidak Stabil

ilustrasi efek samping melakukan diet ketat/unsplash
ilustrasi efek samping melakukan diet ketat/unsplash

Saat melakukan diet ketat, akan ada efek samping yanng membahayakan untuk tubuh, yaitu berat badan menjadi tidak seimbang. Kadang berat badan akan naik dengan cepat, dan terkadang berat badan akan turun dengan drastis, hal ini bisa menyebabkan metabolisme tubuh menurun.

Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi yang seimbang, dan terlalu banyak kandungan gula di dalam tubuh, yang menjadi pemicu berat badan tidak seimbang.

Dehidrasi

Efek samping dari diet ketat selanjutnya, yaitu bisa menyebabkan dehidrasi, atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Selain menyebabkan dehidrasi di dalam tubuh, diet ketat juga bisa menyebabkan dehidrasi pada kulit, yang menyebabkan kulit terlalu kering atau berminyak.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, biasanya akan mudah merasakan gejala pusing, lemas dan ingin pingsan. Hal ini disebabkan karena saat diet ketat, kamu kekurangan mengonsumsi cairan, atau makanan yang memiliki kandungan mineral.

Stres

ilustrasi efek samping diet ketat/unsplash
ilustrasi efek samping diet ketat/unsplash

Diet terlalu ketat juga bisa menyebabkan efek samping, yaitu membuat orang menjadi stres, dan terlalu mudah emosi. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan gizi, yang bisa membuat tubuh merasa lelah, hingga otak menjadi sangat lelah.

Stres juga akan semakin meningkat, karena terlalu pusing memikirkan makanan yang akan dikonsumsi, tetapi berat badan tidak turun juga.

Badan Sakit

ilustrasi efek samping diet ketat/unsplash
ilustrasi efek samping diet ketat/unsplash

Efek samping yang paling berbahaya, yaitu bisa menyebabkan badan sakit, karena melakukan diet ketat. Saat melakukan diet ketat, kamu akan membatasi asupan gizi, dan akan makan dengan porsi yang sangat sedikit sekali.

Hal ini bisa menyebabkan penyakit pada sistem pencernaan seperti maag, asam lambung, dan bisa membuat seseorang pingsan. Diet ketat akan menyebabkan seseorang kekurangan darah, yang menyebabkan energi menurun, dan tubuh tidak kuat untuk menjalankan aktivitas harian.

Gangguan Tidur

Efek samping yang terakhir, saat melakukan diet ketat, yaitu akan mengalami gangguan tidur pada malam hari. Pada saat diet ketat, banyak perasaan seperti gelisah, sedih dan marah akan muncul. Hal ini akan meningkatkan stres pada otak, yang membuat seseorang mengalami gangguan tidur, walaupun mata mengantuk dan badan sangat lelah.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓