Jenis Hobi yang Cocok untuk Introver

Kezia Prasetya Christvidya29 Jul 2020, 12:35 WIB
hobi-kezo

Fimela.com, Jakarta Kepribadian seseorang dibagi menjadi 2 menurut psikolog Carl Jung yaitu kepribadian ekstrover dan introver. Sebenarnya kepribadian seseorang, tidak bisa langsung dikenali pada saat pertama kali kenal.

Beberapa orang beranggapan bahwa seseorang yang memiliki kepribadian introver adalah seseorang yang memiliki sifat pemalu, tertutup dan cenderung fokus dengan dunianya ia sendiri. Padahal hal tersebut belum tentu benar. Ada kepribadian atau sifat orang yang akan muncul sesuai dengan lingkungan ia berada. Ia bisa menjadi seorang yang ekstrover atau introver berdasarkan lingkungannya. Kepribadian ini disebut dengan ambiver.

Jika Sahabat Fimela merasa memiliki kepribadian introver, jangan bersedih dulu karena tidak bisa melakukan banyak hal seperti ekstrover. Berikut hobi yang bisa dilakukan introver agar hidupnya lebih berwarna, dirangkum dari berbagai sumber:

 

Mengenal Kepribadian Introver

ilustrasi jenis hobi untuk introver/unsplash
ilustrasi jenis hobi untuk introver/unsplash

Introvert merupakan tipe kepribadian yang lebih fokus dengan perasaan, dan lingkungan internal diri sendiri. Dibandingkan dengan seseorang yang ekstrover yang lebih aktif dengan lingkungan eksternal. Seseorang yang introver cenderung memiliki sifat yang pendiam, tenang, dan lebih bisa menilai dirinya sendiri dari prespektifnya sendiri.

Namun introver sangat berbeda dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial. Karena seorang introver, masih bisa berinteraksi dengan orang lain atau berkumpul dengan banyak orang. Kemudian membutuhkan waktu untuk diri sendiri.

Seorang introver akan mudah lelah saat berkumpul dengan banyak orang, sehingga harus kembali dengan dirinya sendiri, untuk mengembalikan mood dan energinya kembali. Beda dengan ekstrover yang mendapatkan energi dari berkumpul dengan banyak orang.

Seorang yang introver cenderung memiliki lingkungan pertemanan yang kecil, yang ia anggap nyaman atau sudah kenal dekat orang tersebut. Introver juga senang menghabiskan waktu dengan keluarga.

 

Memasak

ilustrasi jenis hobi untuk introver/unsplash
ilustrasi jenis hobi untuk introver/unsplash

Seorang yang memiliki sifat introver cenderung lebih suka menghabiskan waktunya dengan diri sendiri,. Ia akan lebih nyaman menghabiskan waktu di rumah. Nah, hobi seperti memasak cocok untuk kamu yang berjiwa introver.

Saat berada di rumah cobalah untuk memasak kreasi masakan yang unik-unik. Selain bisa untuk dimakan sendiri, kreasi masakan bisa dijadikan hobi yang bisa menghasilkan uang. Menyenangkan? Menghasilkan uang dari sesuatu yang kamu suka.

Masakan tersebut bisa dijual kepada tetangga, teman kantor, sahabat, bahkan bisa dijual secara online pada marketplace yang sudah tersedia. Seru, kan?

Menggambar

ilsutrasi jenis hobi untuk introver/unsplash
ilsutrasi jenis hobi untuk introver/unsplash

Seorang yang introver biasanya lebih suka memikirkan sesuatu dan berimajinasi, sehingga sangat cocok memiliki hobi menggambar atau melukis, untuk menuangkan imajinasinya.

Kamu yang memiliki sifat introver, bisa menghabiskan waktu dengan menggambar atau membuat lukisan. Menggambar bisa dilakukan dibanyak tempat. Bisa menggambar menggunakan kertas, laptop, atau bisa membuat komik dan mengunggah komik tersebut di situs-situs online.

Menulis

ilustrasi jenis hobi untuk introver/unsplash
ilustrasi jenis hobi untuk introver/unsplash

Menulis adalah hal yang menyenangkan, yang bisa dilakukan oleh seseorang yang memiliki sifat introver. Melalui tulisan kamu bisa menuangkan ide pikirannya, dan bisa dijadikan uang. Menulis bisa dilakukan untuk menulis buku, artikel, puisi, cerpen, atau kutipan-kutipan yang diunggah di media sosial.

Tulisan bisa dijadikan sebuah karya yang bisa diterbitkan di situs-situs online. Menariknya sekarang banyak website yang akan membayar penulisnya dengan bayaran yang sepadan ketika artikel tersebut diunggah.

Selain itu kamu juga bisa membuat blog pribadi. Blog ini untuk membuat ulasan tentang produk kecantikan, makanan, ulasan tentang tempat-tempat yang rekomendasi untuk liburan. Menarik bukan? Selain sebagai self healing, kamu juga bisa dapat memberi manfaat bagi orang lain.

 

Fotografi

ilustrasi hobi yang dilakukan introver/unsplash
ilustrasi hobi yang dilakukan introver/unsplash

Seorang yang memiliki sifat introver juga bisa memiliki hobi fotografi. Kamu biasa menghabiskan waktunya untuk staycation atau travelling ke tempat-tempat yang sangat estetik. Selain dijadikan koleksi pribadi, hasil foto bisa diunggah ke media sosial.

Kamu juga bisa memotret produk-produk kecantikan yang ada di rumah. Manfaatkan platform media sosial untuk memamerkan foto-fotomu. Buat ulasan tentang produk tersebut di blog atau plaform lainnya. Cara ini bisa membantumu mendapatkan uang dari foto yang kamu bagikan.

Bermusik

ilistrasi hobi untuk introver/unsplash
ilistrasi hobi untuk introver/unsplash

Bermusik juga bisa dijadikan hobi untuk seorang yang introver. Jika suka mendengarkan musik atau lagu, bisa membuat cover lagu tersebut, dan bisa dijadikan uang. Kamu yang membuat cover lagu, bisa diunggah ke platform media sosial seperti spotify, youtube, facebook atau instagram dan media sosial lainnya.

Namun jangan lupa saat membuat cover atau membuat aransemen lagu tuliskan nama sang pencipta lagu. Berikan credit kepada pencipta lagu untuk menghargai karya mereka.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba salah satu hobi tersebut di atas? Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓