Cara untuk Menghentikan Overthinking agar Tidak Stres Berlarut

Kezia Prasetya Christvidya29 Jul 2020, 13:35 WIB
stres-kezo

Fimela.com, Jakarta Overthinking merupakan hal yang harus segera diatasi. Overthinking bisa menyebabkan stres yang berlebihan, dan berbahaya untuk kesehatan mental serta kesehatan fisik. Overthinking adalah terlalu memikirkan segala sesuatu, secara berlebihan dan dilakukan berulang kali. Overthinking bisa muncul kapan saja, terutama pada saat malam hari sebelum tidur.

Overthinking bisa menyebabkan seseorang berpikir terlalu dalam, kemudian mengingat kesalahan masa lalu. Hingga memikirkan keadaan sekarang yang sebenarnya belum terjadi atau tidak akan terjadi. Overthinking juga bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah menangis, sering marah, tersinggung dan cemas.

Overthinking membuat otak lelah yang cenderung membuat suasana hati berubah-ubah. Berikut cara untuk menghentikan overthinking, agar tidak stres terlalu berlebihan, dirangkum dari berbagai sumber:

Mengubah Mindset

ilustrasi menghentikan overthinking agar tidak stres/unsplash
ilustrasi menghentikan overthinking agar tidak stres/unsplash

Overthinking bisa disebabkan karena seseorang terlalu memikirkan sesuatu. Apalagi kalau kenyataan ternyata tidak sesuai dengan yang dipikirkan. Hal ini bisa membuat seseorang menjadi stres dan menjadi mudah marah.

Untuk menghentikan overthinking, kamu harus bisa mengubah mindset dan jangan terlalu terobsesi. Yakinkan diri kalau semua hal itu tidak ada yang sempurna. Bahkan beberapa hal tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana.

Berpikir sebelum melakukan sesuatu merupakan tindakan yang baik. Namun bukan berarti harus berpikir terlalu dalam dan berharap agar kenyataan berjalan sesuai dengan yang dipikirkan.

Membuat Jurnal

ilustrasi cara menghentikan overthinking/unsplash
ilustrasi cara menghentikan overthinking/unsplash

Cara menghentikan overthinking bisa dilakukan dengan membuat jurnal harian. Pilih buku harian atau diary untuk menuliskan pikiran-pikiran yang terjadi pada hari ini.

Kamu bisa menuliskan semua hal di buku jurnal, seperti luapan emosi, perasaan dan pesan yang tidak tersampaikan pada seseorang. Selain itu menulis di buku jurnal bisa kamu manfaatkan untuk membuat perencanaan yang lebih matang.

Menurut sebuah penelitian rajin menulis jurnal setiap malam sebelum tidur, bisa membantu mengurang stres. Menulis di buku jurnal membantu merefleksikan diri sendiri setelah menjalani aktivitas seharian. Cara ini membuatmu merasa tenang.

Melakukan Meditasi

ilsutrasi cara menghentikan overthinking/unsplash
ilsutrasi cara menghentikan overthinking/unsplash

Untuk menghentikan overthinking, kamu bisa melakukan meditasi setiap bangun tidur dan sebelum tidur. Hal ini bisa membantu menenangkan pikiran. Rajin melakukan meditasi di pagi hari, bisa membantu memberikan energi positif ke dalam diri, untuk menjalankan aktivitas seharian, dan akan memberi semangat serta kebahagiaan setiap hari.

Sedangkan melakukan meditasi saat sebelum tidur, bisa membantu mengontrol emosi dan kelelahan otak, setelah seharian beraktivitas padat, dan membantu membuat tidur lebih nyenyak tanpa overthinking.

Menggunakan Lilin Aromaterapi

ilustrasi cara menghentikan overthinking/unsplash
ilustrasi cara menghentikan overthinking/unsplash

Cara menghentikan overthinking sebelum tidur, kamu bisa menggunakan lilin aromaterapi yang memiliki aroma menyegarkan dan lembut. Selain itu aromaterapi membantu menenangkan pikiran dan membuat otak relaks.

Gunakanlah lilin aromaterapi yang memiliki aroma lavender, mint, vanila atau cokelat. Karena aroma lilin tersebut, bisa membuat pikiran lebih relaks. Lilin aromaterapi juga bisa dinyalakan, pada saat melakukan meditasi, di tempat kerja, atau diarea sudut rumah dan kantor, untuk membuat ruangan lebih nyaman.

Pergi Ke Alam

ilustrasi cara menghentikan overthinking/unsplash
ilustrasi cara menghentikan overthinking/unsplash

Cara yang harus dilakukan untuk menghentikan overthinking yaitu dengan melakukan liburan ke alam, untuk menikmati indahnya alam milik Indonesia. Kamu bisa pergi ke daerah pegunungan, danau, pantai atau hanya sekedar pergi ke taman kota, untuk menikmati angin sepoi-sepoi.

Menurut sebuah penelitian, melihat alam, tumbuhan, bunga dan menikmati angin sepoi-sepoi, bisa membuat pikiran lebih tenang dan membantu menjernihkan isi pikiran.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓