Selain Cegah Dehidrasi, Ini 5 Manfaat Sehat Minum Jus Mentimun

Endah Wijayanti29 Jul 2020, 14:45 WIB
minum jus mentimun

Fimela.com, Jakarta Buah mentimun bisa dinikmati dengan dijadikan minuman jus. Mudah dibuatnya dan ternyata jus mentimun kaya manfaat. Jus mentimun yang tinggi kandungan airnya sangat bagus untuk cegah dehidrasi. Selain itu jus mentimun juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jus mentimun bisa bantu menurunkan tekanan darah tinggi, membantu menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker. Selengkapnya mari kita ungkap lima manfaat sehat jus mentimun yang dilansir dari laman healthline.com berikut ini.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu faktor umum penyebab tekanan darah tinggi adalah konsumsi garam yang berlebihan dan kurangnya asupan kalium. Kelebihan garam membuat tubuh menahan cairan yang dapat menaikkan tekanan darah. Kalium adalah sejenis elektrolit yang dapat menstabilkan jumlah sodium yang ada di ginjal. Nah, mentimun merupakan salah satu jenis sumber kalium. Minum jus mentimun dapat membantu mencukupi kebutuhan asupan kalium yang kemudian dapat bantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Mencegah Kanker

Mentimun memiliki kandungan antioksidan dan senyawa yang disebut cucurbitacin dan golongan nutrisi yang disebut lignan yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Sebuah penelitian yang ada di Journal of Cancer Research menemukan bahwa kandungan fisetin yang ada di mentimun dapat menghambat laju kanker prostat.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mentimun
Ilustrasi Mentimun Credit: pexels.com/pixabay

Jika sedang diet dan berusaha menurunkan berat badan, coba ganti minuman bersoda, bergula, dan minuman berenergi dengan jus mentimun. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik membantu kita kenyang lebih lama. Terkadang tubuh salah menerima sinyal haus dengan lapar. Kadang kita merasa lapar tapi sebenarnya kita hanya sedang haus. Bila merasa sering merasa lapar, coba minum jus mentimun terlebih dahulu.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Ingin mendapatkan kulit cantik? Minum jus mentimun bisa dilakukan sebagai salah satu upaya perawatan dari dalam. Mentimun mengandung vitamin B-5 yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat. Segelas air yang dinikmati bersama potongan mentimun mengandung sekitar 5 persen dari vitamin B-5 harian yang dibutuhkan tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Mentimun juga tinggi vitamin K. Tubuh kita membutuhkan vitamin K untuk membantu pembentukan protein yang dibutuhkan untuk menjaga tulang dan jaringan dalam tubuh tetap sehat. Serta membantu mencegah terjadinya penyumbatan darah.

Ada banyak manfaat sehat dari jus mentimun. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mengonsumsinya secara rutin? Tentu saja imbangi juga dengan pola makan dan kebiasaan sehat lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓