7 Makanan untuk Tingkatkan Energi sebelum Olahraga

Annissa Wulan04 Agu 2020, 17:30 WIB
Makanan

Fimela.com, Jakarta Olahraga dengan perut kosong tidak dianjurkan, begitu juga makan dengan rentang waktu yang begitu dekat sebelum olahraga. Jadi apa yang harus dilakukan?

Ya, kamu harus makan sebelum olahraga, namun perhatikan lagi apa yang kamu konsumsi. Makanan yang kamu konsumsi harus disesuaikan dengan jenis olahraga, waktu, dan bagaimana reaksi tubuhmu terhadap makanan tersebut.

Menurut para ahli yang dilansir dari byrdie.com, mengonsumsi camilan sehat sebelum olahraga dapat memberi energi tambahan untuk aktivitas fisik yang lebih maksimal. Otot menggunakan adenosin trifosfat (ATP) sebagai sumber energi untuk olahraga, sehingga karbohidrat, protein, dan lemak akan dikonversi menjadi ATP.

Karbohidrat paling mudah tersedia dan mudah dikonversi, serta merupakan satu-satunya bahan bakar yang dapat digunakan tanpa oksigen. Sedangkan protein bermanfaat untuk membantu memperbaiki dan membangun otot saat olahraga, juga akan membuatmu kenyang.

 

 

Beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum olahraga

makan sehat
ilustrasi makan makanan/Photo By chomplearn on Shutterstock

1. Pisang dengan peanut butter

Selain mudah dicerna, pisang juga mengandung kalium yang penting untuk memberi nutrisi dalam mencegah kelelahan ketika olahraga.

2. Toast dengan nut butter

Makanan ini mengandung kebaikan dari biji-bijian dan protein dari mentega. Kamu juga bisa menambahkan beberapa irisan pisang.

3. Oatmeal dengan buah-buahan

Oatmeal kaya akan kandungan karbohidrat, menjadikannya sumber energi yang bagus untuk olahraga. Tambahkan buah ke dalamnya untuk sumber gula yang baik.

4. Smoothie

makanan sehat
Ilustrasi/copyrightshutterstock/DW2630

Smoothie yang dibuat dari 1 cangkir buah dan 2 cangkir sayuran sangat baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Smoothie ini mengandung karbohidrat yang mudah dicerna, serta serat dan nutrisi sehat lainnya.

5. Toast dengan telur rebus

Telur rebus adalah sumber protein yang baik, sedangkan roti akan menambah karbohidrat yang diperlukan tubuh sebelum olahraga.

6. Buah kering dengan kacang

Buah adalah sumber karbohidrat yang mudah dicerna. Pasangkan dengan kacang untuk protein tambahan.

7. Bar gandum utuh

Sumber energi yang cepat adalah bar gandum yang kaya akan serat. Makanan ini juga praktis karena kamu bisa memakannya saat berpergian.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓