5 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Iri dan Dengki Pada Orang Lain

Imelda Rahma30 Jul 2020, 15:45 WIB
Iri

Fimela.com, Jakarta Rasa iri dan dengki memang emosi yang manusiawi namun bukan berarti kamu perlu memeliharanya, justru sifat ini harus dihindari. Iri dan dengki adalah sebuah istilah yang menunjukkan saat kamu tidak suka melihat orang lain bahagia atau berharap kebahagiaan orang lain tersebut menjadi milikmu.

Dalam kehidupan sehari-hari, interaksi dengan banyak orang tentunya membuat kita mudah merasakan iri dan dengki. Misalnya, melihat teman kantor mendapat promosi jabatan atau ketika nilai ujianmu tidak lebih tinggi dari temanmu, maka perasaan iri tersebut mudah muncul dan menjadi penyakit hati yang merugikan.

Kamu yang tidak mampu mengendalikan dan menghilangkan rasa iri dengki dalam hati akan tersiksa sendiri. Pada kenyataannya, setiap orang mengalami hal buruk dan hal baik secara bergantian, jadi kamu bisa bayangkan setiap hari kamu akan terus tersiksa karena melihat orang lain mendapat hal baik.

Nah, jika kamu tidak ingin memelihara sifat buruk tersebut, maka kamu haris tahu cara yang tepat untuk menghilangkannya. Fimela.om kali ini akan membagikan informasi 5 tips ampuh menghilangkan rasa iri dan dengki pada orang lain. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mencari Penyebab Rasa Iri dan Dengki yang Kerap Muncul

Mencari Penyebab Rasa Iri dan Dengki yang Kerap Muncul
Ilustrasi Perasaan Iri dan Dengki Credit: pexels.com/pixabay

Tips ampuh yang pertama untuk menghilangkan rasa iri dan dengki pada orang lain ialah dengan mencari tahu penyebab rasa itu sendiri. Dengan mencari tahu penyebabnya maka kamu juga akan tahu cara yang tepa untuk menghindari dan menghilangkannya.

Contohnya, rasa iri dan dengki kini kerap muncul ketika kamu bermain media sosial karena kamu sering melihat kehidupan orang lain yang kamu inginkan, jika kamu merasa itu adalah penyebabnya maka kamu harus melakukan detoks media sosial. Detoks media sosial adalah sebuah tindakan untuk meninggalkan atau mengurangi intensitas aktivitas di media sosial.

Berhenti Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Berhenti Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain
Ilustrasi Bermain Media Sosial Credit: pexels.com/pixabay

Tips ampuh yang kedua agar kamu dapat menghilangkan rasa dan dengki pada orang lain ialah berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain. Tindakan membanding-bandingkan hidup dengan orang lain ini mudah sekali membuat kamu merasa iri dan dengki sampai depresi. Hal ini karena kamu membiarkan kebahagiaan terdefinisi oleh postingan yang ada di media sosial.

Jika dengan melihat kesuksesan orang lain kamu merasa iri lalu termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik, itu namanya dampak positif. Namun, jika setelah melihat pencapaian orang lain kamu merasa iri dan dengki, artinya sudut pandangmu keliru. Lebih baik habiskan waktumu untuk fokus terhadap pekerjaan daripada membandingkan kehidupanmu dengan orang lain.

Kenali dan Temukan Kelebihan Diri

Kenali dan Temukan Kelebihan Diri
Ilustrasi Self Love Credit: pexels.com/pixabay

Ketiga, tips ampuh lainnya untuk menghilagkan rasa iri dan dengki ialah dengan mengenali dan menemukan kelebihan diri. Dengan cara ini kamu lebih bisa mengenal diri kamu dan fokus pada kelebihan-kelebihan yang kamu miliki.

Bisa jadi rasa iri dan dengki selama ini mudah muncul karena sebenarnya kamu belum mengenal diri kamu yang seutuhnya. Ketika kamu sudah mengenal dirimu dengan baik, kamu akan menyadari bahwa dirimu adalah pribadi yang unik, spesial, dan pastinya juga bisa menjadi lebih baik lagi.

Tetapkan Tujuan dan Fokus

Tetapkan Tujuan dan Fokus
Ilustrasi Fokus dan Bekerja Credit: pexels.com/pixabay

Berikutnya, tips ampuh yang keempat untuk menghilangkan rasa iri dan dengki pada orang lain ialah dengan menetapkan tujuan dan fokus terhadap apa yang ingin kamu capai saja. Disadari atau tidak, rasa iri dan dengki muncul karena sebenarnya kamu sendiri belum menetapkan apa yang menjadi tujuanmu sehingga kamu mudah teralihkan dengan pencapaian orang lain.

Dengan menetapkan tujuan, kamu tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan dan kamu tuju serta lebih baik fokus terhadap hal tersebut. Jika kamu fokus dengan tujuanmu, maka kamu tidak akan mudha merasa iri dan terganggu dengan apa yang orang kain dapatkan karena kamu tahu, bukan hal tersebut yang penting buatmu.

Belajar Mengapresiasi Orang Lain

Belajar Mengapresiasi Orang Lain
Ilustrasi Memberikan Apresiasi Pada Teman Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, tips ampuh untuk menghilangkan rasa iri dan dengki pada orang lain ialah dengan belajar utnuk memberi apreasiasi pada pencapaian orang lain. Mungkin ini sulit, namun bukan berarti kamu tidak bisa. Lagipula selamanya kamu akan memiliki penyakit hati jika tidak bisa bahagian saat orang lain bahagia.

Belajar memberikan pujian, dukungan, dan semangat pada orang lain akan membuat hatimu lebih tenang sehingga kamu tidak lagi mudah sakit hati karena iri dan dengki. Jika kamu mampu mengapresiasi orang lain, kelak pencapaianmu kedepan juga akan diapresiasi oleh orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓