4 Minuman Penurun Kolesterol Setelah Menyantap Hidangan Iduladha

Anisha Saktian Putri31 Jul 2020, 13:00 WIB
daging kambing

Fimela.com, Jakarta Perayaan Idul Adha tak lepas dari berbagai olahan daging, ntah daging kambing atau sapi. Berbagai menu bisa disajikan untuk keluarga, misalnya sate, tongseng, rendang, dan lainnya.

Namun seperti yang kita tahu jika mengonsumsi banyak daging efek sampingnya ialah terjadi kolesterol. Hal ini dikarenakan daging mengandung tinggi lemak dan kalori yang akan meningktakan kadar kolesterol darah.

Tapi tenang sahabat Fimela masih bisa menikmati hidangan Idul Adha dengan rasa aman dengan mengonsumsi berbagai minum. Melansir dari cheatsheet.com berikut beberapa minuman yang dapat menurunkan kolesterol.

1. Green Tea

Green tea/unsplash Randy
Green tea/unsplash Randy

Healthline menjelaskan sebuah meta-analisis dari American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa green tea memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol "jahat," atau LDL. Antioksidan yang ditemukan dalam minuman ini adalah yang paling membantu kolesterol.

2. Jus Ceri

Jus ceri/unsplash Tetiana
Jus ceri/unsplash Tetiana

PR Newswire mencatat sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food & Function menemukan jus tart cherry dapat membantu kadar kolesterol dan kesehatan jantung secara umum. Studi ini menguji sekelompok 34 orang dewasa yang lebih tua dan membaginya menjadi dua kelompok.

Satu kelompok minum jus tart ceri selama 12 minggu, dan kelompok lain minum minuman plasebo rasa ceri. Para peneliti menemukan bahwa secara keseluruhan, kelompok uji yang minum jus ceri secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL dan tekanan darah. Pastikan saja jika menambahkan jus ceri ke dalam diet untuk kesehatan jantung, itu tidak dimaniskan.

3. Jus citrus

Jus jeruk/Unsplash qin fan
Jus jeruk/Unsplash qin fan

Jika suka jeruk bali, jeruk, dan lemon, sahabat Fimela beruntung, karena jus buah jeruk dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Catatan penelitian WebMD telah menemukan bahwa jus jeruk bali merah mengandung antioksidan yang bisa membantu jantung.

Dan Livestrong.com mengatakan penelitian tambahan menunjukkan bahwa minum segelas air dengan jus lemon juga menunjukkan hasil yang menjanjikan bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

4. Infused water mentimun

Infused Water campuran Mentimun dan Lemon
Infused water, cara lain untuk membuat air putih semakin sehat dan segar (foto: http://www.doctoroz.com/)

Penelitian dalam American Heart Association menunjukkan, potasium pada mentimun dapat menurunkan kadar sodium penyebab meningkatnya tekanan darah. Maka ada baiknya setelah makan banyak daging, minumnya infused water mentimun.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓