Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Agar Tahan Lama

Karla Farhana01 Agu 2020, 14:00 WIB
[Fimela] daging sapi

Fimela.com, Jakarta Umat muslim baru saja merayakan Idul Adha pada Jumat (31/7/20) kemarin. Biasanya, selain mendapatkan sebagian daging hewan yang kamu kurbankan, kamu juga akan mendapatkan kiriman daging hewan kurban dari para tetangga. Kadang, kiriman daging sapi cukup berlimpah. Sehingga, tidak bisa kamu masak semuanya pada hari itu juga. 

Untuk itu, daging sapi mentah harus kamu simpan di kulkas agar tahan lama. Namun, menyimpan daging sapi di dalam kulkas tidak bisa sembarangan. Dilansir dari Liputan6, daging mentah pada dasarnya cukup aman dikonsumsi hingga 3 hari setelah sapi disembelih. Namun, kamu harus menyimpannya di dalam kulkas atau freezer. 

Jika ingin disimpan lebih dari 3 hari, tulis Liputan6, kamu harus memasukkan daging mentah yang sudah bersih ke dalam plastik kedap udara terlebih daulu, sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Dengan begini, daging bakal awet selama beberapa bulan! 

Temperatur freezer juga harus kamu perhatikan. Freezer harus memiliki temperatur sekitar 0 derajat Fahrenheit atau -17,8 derajat Celsius. Suhu ini dapat mempertahankan kesegaran daging sapi kurban dan gizi di dalamnya. 

Jangan bekukan kembali daging yang sudah cair

[Fimela] daging sapi
daging sapi | pexels.com/@goumbik

Dilansir dari NHS, jangan sekali-kali kamu membekukan kembali daging sapi kurban yang sudah cair. Jadi, ketika kamu sudah keluarkan daging sapi dari freezer, olah semuanya saat itu juga. 

Pasalnya, jika kamu kembalikan ke dalam freezer, kualitas daging sapi mentah akan menurun dan akan menjadi cepat busuk. Untuk itu, pastikan kamu sudah memotong-potong daging sapi sebelum kamu masukkan ke dalam freezer, sehingga kamu akan menggunakan dan mengolah daging sapi sesuai dengan kebutuhan dan porsinya. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓