Mengungkap Arti Mimpi tentang Kematian

Karla Farhana06 Agu 2020, 19:00 WIB
Mimpi

Fimela.com, Jakarta Mimpi kerap kali tak membuatmu bahagia, terutama ketika kamu melihat berbagai hal menyeramkan selama kamu terlelap. Salah satu mimpi buruk yang banyak dialami orang antara lain kematian. 

Meski bagi sebagian orang mimpi hanya sekadar bunga tidur, namun menyaksikan sebuah kematian baik itu sebuah pemakaman atau proses meninggalnya seseorang, bisa meninggalkan rasa ketakutan yang wajar. Selain cemas dan takut, kamu mungkin juga akan bertanya-tanya mengenai arti mimpi tersebut, apalagi jika mimpi tentang kematian sudah beberapa kali kamu alami. 

HUffington Post menulis, ternyata ada banyak profesional yang memang mengabdikan hidupnya untuk meneliti dan menerjemahkan mimpi-mimpi orang, termasuk tentang kematian. Ahli psikoterapi dan penulis buku yang tinggal di Chicago, AS, Jeffrey Sumber, mengatakan mimpi sangat subjektif. 

Seperti semua mimpi, jelasnya kepada Huffington Post, bermimpi mengenai kematian merupakan sebuah kesempatan untuk melakukan introspeksi. Kamu bisa bertanya kepada diri sendiri apakah kamu sedang mencemaskan sesuatu, marah terhadap diri sendiri, atau bahkan orang lain. 

"Saya dapat belajar bahwa saya tidak bisa berdamai terhadap sebuah gambaran bagaimana diri saya meninggalkan dunia ini. Ini merupakan sebuah kesempatan bagi saya untuk lebih jauh melihat ke dalam diri saya sendiri," katanya. 

Ketakutan dan Kekhawatiran tentang Kematian

mimpi dikejar
Ilustrasi bangun dari mimpi./Copyright shutterstock.com

Selain itu, Sumber menjelaskan lebih dalam, manusia pada umumnya tidak yakin terhadap bagaimana hidup mereka akan berakhir. Mulai dari cara, hingga rasa ketika meninggalkan dunia ini. 

"Apakah sakit, kapan akan terjadi, apa yang akan terjadi selanjutnya? Tidak ada yang tahu. Namun, fisik kita secara terus-menerus memikirkan hal ini sepanjang kehidupan, baik itu sadar atau pun tidak sadar," katanya. 

Sumber juga mengatakan banyak orang hidup dengan bayang-bayang ketakutan akan kematian dirinya sendiri. Hal ini bisa saja mengidentifikasikan upaya bawah sadar untuk membawa ketakutan itu ke kesadaran, menurut Sumber. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓