Sukses

Lifestyle

Tujuan Latihan Kebugaran Jasmani di Era New Normal

Fimela.com, Jakarta Di era new normal seperti sekarang, sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Mulai dari menggunakan alat perlindungan diri, menjaga kebersihan, mengonsumsi makanan bergizi hingga melakukan latihan kebugaran jasmani.

Melakukan latihan kebugaran jasmani sama saja dengan melakukan olahraga, yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Sehingga banyak orang tetap meluangkan waktu untuk latihan kebugaran jasmani, ditengah padatnya kesibukan dan kerjaan saat new normal ini.

Sahabat Fimela bisa melakukan latihan kebugaran jasmani di rumah atau di tempat olahraga, dengan intensitas sedang agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Latihan kebugaran jasmani dibagi menjadi latihan kekuatan seperti push up dan angkat beban, latihan kecepatan seperti lari, latihan kelenturan seperti yoga, dan latihan keseimbangan seperti plank.

Berikut tujuan latihan kebugaran jasmani secara rutin, ketika dilakukan di era new normal, dilansir dari berbagai sumber:

 

Mengontrol Berat Badan

Tujuan paling utama orang melakukan latihan kebugaran jasmani, yaitu untuk membantu mengontrol berat badan. Baik perempuan atau laki-laki, pasti mengidam-idamkan berat badan yang ideal.

Melakukan latihan kebugaran jasmanir dengan intensitas yang sedang, yang dilakukan selama 15 hingga 30 menit setiap hari, bisa membantu menjaga berat badan tetap stabil, dan membantu pembakaran lemak yang ada di dalam tubuh.

Walaupun rutin melakukan latihan kebugaran jasmani, bisa membantu mengontrol kalori yang masuk di dalam tubuh, tetapi harus tetap mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, untuk membantu mengontrol berat badan tubuh agar tetap ideal.

Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin melakukan latihan kebugaran jasmani, juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung, yang bertujuan untuk membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga penyakit stroke.

Latihan kebugaran jasmani sangat baik dilakukan, karena bisa membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Sahabat Fimela bisa melakukan latihan kebugaran jasmani, selama 20 hingga 30 menit dalam sehari, minimal dilakukan selama 5 rutin.

Untuk membantu menjaga kesehatan jantung di era new normal ini, latihan kebugaran jasmani bisa dilakukan dengan berjalan kaki, jogging, naik sepeda atau melakukan yoga.

Menambah Energi dan Stamina

Tujuan melakukan latihan kebugaran jasmani yang selanjutnya, bisa membantu menambah energi dan stamina di era new normal ini. Sebenarnya energi seseorang tergantung dari jaringan otot, peredaran darah yang lancar dan oksigen di dalam tubuh.

Saat melakukan latihan kebugaran jasmani, akan membuat detak jantung meningkat. Hal ini bisa membantu melancarkan peredaran darah, saat membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan otot. Peredaran darah yang lancar, juga bisa membantu menyalurkan oksigen ke otak, sehingga membuat otak lebih energik.

Menurut beberapa penelitian, melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur seperti senam, yang dilakukan selama 20 menit dengan intensitas sedang, minimal 3 kali dalam seminggu, bisa membantu mengurangi rasa lelah di dalam tubuh, meningkatkan energi, dan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain membantu meningkatkan energi dan stamina, latihan kebugaran jasmani juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Pada umumnya, orang dewasa harus tidur selama kurang lebih 8 jam di malam hari, agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Sebelum tidur bisa melakukan latihan kebugaran jasmani seperti meditasi atau yoga. Hal ini bisa membantu mencegah stres dan membantu merelaksasikan otak dan otot, yang sudah seharian lelah bekerja dan beraktivitas.

Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Tujuan melakukan latihan kebugaran jasmani yang terakhir, bisa membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit, yang biasanya ditandai dengan kerutan pada kulit, munculnya bintik-bintik hitam di kulit, dan hilangkan elastisitas pada kulit.

Pada saat melakukan latihan kebugaran jasmani, kelenjar keringat akan memproduksi keringat lebih banyak. Sehingga bisa membantu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan membantu membersihkan komedo pada kulit.

Saat latihan kebugaran jasmani juga bisa membantu melancarkan aliran darah di dalam kulit, yang membantu kulit untuk memproduksi kolagen lebih banyak. Meningkatnya kolagen di dalam kulit, bisa membantu menjaga kelembapan kulit, mencerahkan kulit, dan menjaga elastisitas kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading