Sambut HUT RI, Masyarakat Diminta Kibarkan Bendera Merah Putih Serentak Sejak Awal Agustus

Vinsensia Dianawanti03 Agu 2020, 12:30 WIB
Ilustrasi bendera Indonesia

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka menyambut HUT RI ke-75, Menteri Sekretaris Negara Pratikno meminta agar bendera merah putih dikibarkan secara serentak di seluruh Indonesia sejak awal Agustus 2020.

Himbauan ini pun juga disampaikan kepada seluruh lembaga negara, para menteri, hingga kepala daerah untuk memasang dan mengibarkan bendera merah putih hingga 31 Agustus 2020.

Selain itu, Praktino tetap menegaskan agar setiap pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona. Upacara perayaan HUT RI ke-75 pun tetap akan dilaksanakan di Istana Negara. Namun dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol COVID-19.

"Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, upacara tetap khidmat, tetapi dengan peserta terbatas. Semua komponen yang terlibat dalam upacara hadir di situ, termasuk paskibraka, tapi dalam jumlah terbatas," kata Pratikno.

 

Diminta menghentikan aktivitas selama 3 menit

Bendera Indonesia (Unsplash / stock photo)
Bendera Indonesia (Unsplash / stock photo)

Meski tidak dirayakan secara meriah seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat bisa tetap dapat mengikuti upacara perayaan HUT RI ke 75 seara virtual. Pratikno berharap masyarakat tetap dapat aktif berpartisipasi.

Partisipasi masyarakat dalam perayaan HUT RI-75 bisa dilakukan dengan menghentikan seluruh kegiatan dan aktivitas selama 3 menit pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB. Ini menjadi ajakan Pratikno kepada masyarakat untuk dapat memperingati detik-detik proklamasi pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓