Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Daun Bidara untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Fimela.com, Jakarta Dibandingkan dengan daun sirih, daun bidara memang jenis daun yang tidak familiar di telinga. Biarpun begitu, nampaknya kamu harus mulai mengenal daun bidara karena daun ini memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit wajah.

Daun bidara sendiri merupakan daun dari pohon bidara yakni, pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering ini memiliki daun yang umumnya berbentuk bulat panjang. Menurut beberapa penelitian, daun bidara memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hampir semua bagian dari bidara memiliki manfaat untuk kehidupan. Berbagai senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri terdapat dalam daun bidara ini. Belum lagi terdapat sifat antioksidan dan berbagai manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Nah, buat kamu yang mulai penasaran dengan daun bidara dan ingin tahu manfaat mengejutkan apa saja yang ada didalamnya bisa melihat ulasan berikut ini. Fimela.com akan mengulas 5 manfaat daun bidara untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mempercepat Penyembuhan Luka Pada Permukaan Kulit

Manfaat daun bidara yang pertama ialah dapat mempercepat penyembuhan luka pada permukaan kulit. Perlu diketahui bahwa daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang sangat baik dalam membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Berbagai lukas seperti luka sayatan, lecet hingga luka akibat goresan dapat disembuhkan dengan daun bidara ini.

Tidak hanya itu saja, kandungan senyawa glikosida yang ada dalam daun bidara juga bisa menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar. Luka di kulit seperti lecet, tersayat, atau akibat tergores.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu meminum rebusan air daun bidara. Selain itu kamu juga bisa mengambil bubuk ekstrak daun bidara, kemudian campur sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu balurkan pada area yang terluka.

Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan Tubuh

Selanjutnya, manfaat daun bidara yang kedua ialah dapat mengatasi masalah pada sistem pencernaan tubuh. Adapun masalah pencernaan yang sering dialami dan bisa disembuhkan dengan daun bidara ialah maag. Hal ini karena daun biadara dapat meringankan dampak negatif dari asam lambung.

Selain maag, risiko gangguan pencernaan lainnya yang juga dapat diatasi oleh daun bidara ialah membantu mengeluarkan racun yang mengendap di sistem pencernaan. Sekaligus mencegah terjadinya infeksi pada salurannya.

Cara menggunakan daun bidara untuk masalah pencernaan dapat dengan meminum air rebusannya secara rutin atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak jika kamu mengalami wasir.

Membantu Mengatasi Masalah Jerawat

Berikutnya, manfaat daun bidara yang ketiga ialah dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah yang berjerawat. Dengan memanfaatkan daun bidara, kamu dapat membersihkan dan menjaga kulit wajah. Hal ini karena daun bidara memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama, siapkan 5 lembar daun bidara, lalu tumbuk halus. Selanjutnya, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

Meringankan dan Mencegah Timbulnya Sariawan

Jika kamu memiliki masalah pada kesehatan mulut seperti sariawan, atasi saja dengan daun bidara. Manfaat daun bidara yang keempat ialah dapat membantu meringankan sekaligus mencegah timbulnya sariawan.

Pada saat sariawan, biasanya bibir akan jauh lebih mudah kering hingga pecah-pecah. Namun kamu tidak perlu khawatir karena masalah tersebut juga bisa diatasi dengan daun bidara. Hal ini karena daun bidara memiliki kandungan antioksidan, kandungan ini mampu menghalau bakteri yang menetap di mulut.

Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Wajah

Terakhir, manfaat daun biadara yang kelima ialah dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Daun bidara memiliki kandungan yang dpaat menjaga elastisitas kulit wajah sehingga terhindar dari munculnya keriput dan membuat wajah tampak awet muda.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu membuat masker dari daun bidara. Untuk menjadikannya sebuah masker, kamu bisa menggunakan daun bidara serbuk yang dicampur madu atau perasan lemon. Jika sudah, balurkan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu supaya wajah berseri dan mengurangi keriput.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading