Cara Aman Investasi dan Menabung yang Bisa Wujudkan Rumah Impian

Vinsensia Dianawanti13 Agu 2020, 08:30 WIB
ilustrasi menabung untuk masa depan/pexels

Fimela.com, Jakarta Bukan hal mudah untuk mengatur keuangan pribadi dengan baik. Dengan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi, kamu tetap perlu melakukan menabung atau investasi. Sehingga kamu memiliki dana cadangan saat mendesak atau hendak membeli kebutuhan yang lebih mahal, seperti rumah.

Menabung perlu dilakukan sedini mungkin untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa mendatang. Dengan menabung dan investasi secara aman, memungkinkan kamu mendapatkan rumah impian. Seperti yang dilakukan Tabungan Perumahan Rakyat yang menjamin keamanan menabung dan investasi.

Secara khusus, Tabungan Perumahan Rakyat diperuntukkan bagi pekerja untuk dapat menabung sekaligus berinvestasi yang dikelola Badan Hukum dan dijalankan para profesional di bidang investasi dan pembayaran perumahan. Memungkinkan kamu mendapatkan rumah yang kamu impikan.

Dengan pengelolaan yang transparan dan akuntabel, Tabungan Perumahan Rakyat memiliki Kontrak Investasi sehingga dapat memperoleh imbal hasil wajar dan memberi kesempatan pembiayaan rumah pertama, bangun sendiri, maupun renovasi.

 

Kombinasi investasi dan simpanan

Menabung
Ilustrasi menabung/copyright shutterstock

Tapera memberi kesempatan bagi anggota non-MBR untuk bergotong royong membantu peserta MBR dengan teta memperoleh imbal hasil wajar di akhir kepesertaannya. Dengan menabung 3% perbulan dari penghasilan, maka dalam satu tahun peserta MPR dapat menerima manfaat pembiayaan rumah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sistem pengelolaan Tapera yang dikelola melalui kontrak investasi dan bekerja sama dengan Manajer Investasi yang diplih secara transparan, kredibel, dan memiliki riwayat tata kelola yang baik dalam pengelolaan yang optimal.

Menurut Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana Tapera Gatot Subadio, pengelolaan dana yang mengombinasikan simpanan dan investasi memungkinan peserta menjadi pemilik dana simpanan sekaligus unit investasi. Dana Peserta Tapera akan dialokasikan menjadi tiga kelompok besar, yakni pemanfaatan, pemupukan, dan cadangan.

 

Alokasi dana

[Fimela] invetasi
ilustrasi investasi | pexels.com/@goumbik

Kegiatan Pemupukan Dana Tapera akan diinvestasikan lewat mekanisme Kontrak Investasi Kolektif. Investasi inipun memungkinkan menghasilkan imbal hasil wajah dengan memperhatikan tingkat risiko portofolio yang terukur. Dengan kebijakan tersebut, memungkinkan pada saat yang sama langsung menyediakan alokasi dana untuk pembiayaan perumahan dengan plafond individual peserta. Alokasi dana ini dapat dilakukan secara dinamis dengan mempertimbangkan kebutuhan pembiayaan dan kebutuhan menjaga ketersediaan dana dalam jangka panjang.

Bagi peserta yang berakhir masa kepesertaannya, sudah disiapkan alokasi dengan memperhitungkan jumlah dana simpanan. Sitem kebijakan alokasi ini memastikan masing-masing kelompok peserta mendapatkan haknya secara proporsional.

Bekerja sama dengan sejumlah pihak lain, seperti Manajer Investasi, Bank Kustodian, Bank Umum yang diawasi oleh OJK memastikan sistem pengawasan secara menyeluruh. Peserta pun bisa melihat langsung perkembangan simpanan dan investasi melalui aplikasi yang disediakan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by