5 Tanda Kamu Takut Menjadi Jomblo Selamanya

Karla Farhana13 Agu 2020, 07:30 WIB
[Fimela] relationship

Fimela.com, Jakarta Semakin bertambahnya usia, perempuan kerap kali didorong untuk berpasangan, bahkan mengikat janji setia dalam sebuah pernikahan. Nampaknya, hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia dan negara-negara di Asia lainnya, tetapi juga di berbagai belahan dunia. Demi mendorong perempuan untuk segera berpasangan, ada begitu banyak stigma mengenai perempuan yang belum menikah di usia 30 tahun. 

Bukan hanya soal pernikahan, jomblo dalam waktu yang lama pun melahirkan banyak pertanyaan di tengah masyarakat. Bahkan, hingga muncul banyak istilah yang sudah lama dikenal, seperti jomblo akut, perawan tua, hingga cap sebagai perempuan yang nggak laku. Padahal, perempuan berhak untuk memutuskan kapan dia akan memiliki pacar, dan kapan dia akan menikah. 

Karena stigma ini, banyak perempuan bersikeras untuk memiliki pasangan. Dengan siapa pun, asalkan tidak jomblo atau single. Menurut Ellen Nguyen, penulis dan pendiri Tingly Mind mengatakan, rasa takut untuk menjalani hidup dengan status lajang tanpa sadar mendorong banyak perempuan untuk melakukan banyak hal.

1. Rasa Bersalah Saat Lajang

Salah satu tanda kamu takut jomblo adalah munculnya rasa bersalah ketika kamu lajang. Bahkan meski hubungan yang sebelumnya kamu jalani sangat toxic. Ketika kamu lajang, kamu justru merasa ada yang salah dengan dirimu. 

2. Tidak Bisa Jomblo

Toxic Relationship
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/VeraArsic

Kamu bakal merasa lega ketika kamu sudah mendapat pacar baru. Begitu putus, kamu langsung buru-buru mencari pacar penggantinya. Bahkan, tidak jarang kamu sudah menyiapkan seorang pria lain yang bakal kamu jadikan pacar baru begitu kamu putus dengan pacarmu yang sekarang. Pokoknya, kamu tidak bisa melajang meski sehari pun. 

3. Berusaha Jadi Pacar atau Pasangan yang Sempurna

Saking takutnya berpisah dengan pasanganmu, kamu banting tulang untuk mempertahankan pernikahan dan hubunganmu dengan si dia. Meskipun pasanganmu selingkuh, kasar, emosi tidak stabil, boros, bahkan tidak lagi mencintaimu, kamu akan berusaha untuk mempertahankannya dengan cara menjadi pasangan yang sempurna untuk si dia, agar tidak ditinggal. 

 

4. Tidak Melakukan Apa yang Kamu Mau

Begitu banyak perempuan yang mengubur mimpi-mimpi dan meninggalkan hobinya hanya demi pasangannya. Mulai dari karier, hobi, bahkan sampai bertemu dengan teman-teman dekat saja sudah tidak kamu lakukan demi membahagiakan sang suami atau pacar.

5. Susah Putus atau Bercerai

Perceraian memang dibenci Tuhan. Namun, jika kamu berada di dalam sebuah hubungan yang toxic bahkan hingga membahayakan kesehatan mental dan fisikmu, berpisah merupakan jalan keluarnya. Tapi, sayangnya kamu justru menggunakan berjuta dalih untuk tetap berada dalam pernikahan dan hubungan yang toxic. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓