Surabaya Zona Hijau COVID-19, Risma Klaim Penularan Sudah Rendah

Vinsensia Dianawanti04 Agu 2020, 12:30 WIB
Kelemahan Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyebut bahwa Surabaya kini telah menjadi zona hijau COVID-19. Risma mengaku bahwa Surabaya kini sudah dalam kondisi lebih baik dari sebelumnya.

Data Surabaya zona hijau seperti yang disebut Tri Rismaharini mengacu paca data dari Kementerian Kesehatan. Namun, data yang dimiliki Pemprov Jawa Timur justru menunjukkan hasil sebaliknya. Surabaya masih dinyatakan zona merah dengan kasus aktif sebanyak 2604 orang per Senin (3/8/2020).

Menurut data dari Kemenkes, Surabaya kini menjadi wilayah yang mengalami penurunan tingkat penularan yang dibarengi dengan meningkatkan tingkat kesembuhan.

 

Disediakan sejumlah fasilitas dan sarana protokol kesehatan

virus corona covid-19
ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)

Melihat adanya tingkat penularan yang kian rendah, Risma pun berencana akan membuka pemblokiran lokal pada akses Gunung Anyar menuju Pondok Candra. Dengan demikian, masyarakat dapat melakukan aktivitas usahanya kembali dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Risma sendiri akan terus mengembangkan protokol kesehatan secara spesifik di beberapa tempat. Mulai dari bengkel, pasar, hingga pertokoan. Salah satunya dengan membagikan peralatan yang memadai, seperti tirai plastik dan nampan plastik di pasar dan pertokoan.

Sarana mencuci tangan pun diperbanyak dengan menyediakan wastafel di sejumlah titik keramaian.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓