Manfaat Senam Irama untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kezia Prasetya Christvidya04 Agu 2020, 15:35 WIB
senam-kezo

Fimela.com, Jakarta Senam irama adalah jenis olahraga yang gerakannya diiringi dengan lagu. Senam irama hampir sama dengan gerakan menari. Gerakannya pun dibuat beragam, dan membentuk gerakan yang indah sesuai dengan irama lagu.

Senam irama biasanya dilakukan oleh semua orang. Bahkan tiap hari Jumat, biasanya di sekolahan atau di kantor, mengadakan kegiatan rutin seperti melakukan senam irama. Karena senam irama memiliki banyak manfaat yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Gerakan senam irama diawali dengan pemanasan, kemudian dilanjutkan dengan gerakan inti yang biasanya dilakukan dengan gerakan loncatan atau gerakan yang berenergi. Kemudian gerakan terakhir adalah gerakan pendinginan. 

Senam irama dilakukan tanpa menggunakan alat. Tetapi ada juga gerakan yang mengunakan alat seperti ganda, simpai, tongkat dan bola.

Berikut manfaat melakukan senam irama, yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, dirangkum dari berbagai sumber:

Mengecilkan Perut

ilustrasi manfaat senam irama/unsplash
ilustrasi manfaat senam irama/unsplash

Manfaat senam irama yang pertama, yaitu bisa membantu mengecilkan perut buncit dan membakar lemak. Sehingga berat badan akan ideal, dan bentuk tubuh tetap indah.

Gerakan senam irama bisa membantu membakar kalori dan lemak, karena gerakannya memerlukan keluwesan, keseimbangan dan kelicahan, agar bisa mengikuti irama lagu yang diputar. Gerakan senam irama tidak terputus dan tidak ada istirahatnya. Biasanya senam irama ini dilakukan selama 30 hingga 45 menit yang efektif membakar lemak.

Mengencangkan Otot

ilustrasi manfaat senam irama/pixabay
ilustrasi manfaat senam irama/pixabay

Senam irama juga memiliki manfaat untuk membantu mengencangkan otot. Rutin melakukan senam irama, bisa membuat otot menjadi lebih lentur dan kuat. Kalau menggunakan beban atau alat saat melakukan senam irama, bisa membantu menaikkan massa otot.

Memiliki otot yang lebih lentur dan kuat, bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh, mencegah nyeri persendian, dan mencegah tubuh menjadi kaku saat beraktivitas.

Mencegah Stres

ilustrasi manfaat senam irama/pixabay
ilustrasi manfaat senam irama/pixabay

Rutin melakukan senam irama, bisa membantu menghilangkan stres. Sebenarnya stres disebabkan karena banyak faktor, seperti tekanan pekerjaan, keluarga, pasangan dan faktor yang lainnya. Terlalu stres juga bsia menyebabkan penyakit tertentu.

Saat melakukan senam irama, biasanya diiringi dengan lagu-lagu yang menggugah semangat. Hal ini bisa menyebabkan perasaan lebih senang dan energi. Senam irama ini juga bisa meningkatkan fungsi otak, dan membantu mengendalikan emosi.

Rutin melakukan senam irama, bisa membantu menurunkan kadar hormon epineprin dan kortisol, yang merupakan penyebab timbulnya stres. Jika fungsi otak berkembang optimal, maka akan terhindar dari penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer.

 

Menyehatkan Jantung

ilustrasi manfaat senam irama/pixabay
ilustrasi manfaat senam irama/pixabay

Senam iramajuga memiliki manfaat untuk membantu menyehatkan jantung. Karena gerakan senam irama menyesuaikan lagu, maka senam irama ada gerakan yang lambat dan cepat. Gerakan yang lambat biasanya memerlukan tubuh yang luwes, dan gerakan yang cepat membutuhkan kelincahan untuk bergerak.

Gerakan-gerakan dalam senam irama, sangat membantu keseimbangan detak jantung. Karena saat melakukan gerakan yang cepat, jantung akan memompa darah lebih cepat, dan ketika gerakan melambat, jantung juga akan melambat saat memompa darah.

 

Menguatkan Tulang

ilustrasi manfaat senam irama/pixabay
ilustrasi manfaat senam irama/pixabay

Manfaat senam irama yang terakhir yaitu bisa membantu menyehatkan tulang. Sehingga akan terhindar dari penyakit osteoporosis. Senam irama bisa membantu menggerakan semua anggota badan. Hal ini bisa membuat tulang lebih kuat dan menaikkan masa otot.

Memiliki tulang yang kuat, bisa membantu membantu menopang tubuh untuk bekerja setiap harinya. Tulang yang kuat  juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, agar tetap kuat dan tidak mudah sakit.

Lanjutkan Membaca ↓